JAKARTA, GORIAU.COM - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mungkin salah satu menteri yang 'super' sibuk. Bahkan seperti tak kenal lelah. Bagaimana tidak, kunjungan kerjanya nyaris tanpa jeda, loncat dari satu daerah ke daerah lainnya. Terbang dari satu provinsi ke provinsi lainnya. Padahal, dari segi usia, Tjahjo yang kelahiran 1 Desember 1957 itu bisa dikatakan tak muda lagi. Tapi, mantan Sekretaris Jenderal PDIP itu, seperti punya stamina berlipat, stamina banteng.

Biasanya, rutin menteri yang berasal dari partai berlambang banteng ini, mengabarkan agendanya kepada para wartawan yang biasa meliput di Kementerian Dalam Negeri, kementerian yang sekarang dinakhodainya. via layanan blackberry messenger, Menteri Tjaho rajin tanpa diminta menginformasikan agenda kerjanya.

Misalnya pada Kamis kemarin, ia tanpa diminta menginformasikan agenda kerjanya selama bulan Maret hingga April. Bahkan agenda kerja diinformasikan dengan lengkap. Tanggal 11 Maret 2015, Tjahjo menginformasikan ia akan mengikuti rapat kabinet terbatas, dan akan melapor kepada presiden terkait kisruh RAPBD DKI Jakarta yang ditangani kementeriannya.

Lalu pada tanggal 12 Maretnya, ia mengabarkan akan melakukan kunjungan kerja ke Surabaya. Kemudian tanggal 13 Maret 2015, Tjahjo terbang ke Lampung dalam rangka kunjungan kerja. Salah satu agenda kunjungannya ke Lampung adalah meresmikan gedung Pemda Kabupaten Pesawaran.

Pada tanggal 16 Maret nanti, Tjahjo menginformasikan dirinya akan berkunjung ke DPRD DKI Jakarta. Esoknya, 17 Maret, Tjahjo sudah harus terbang ke Sorong Papua Barat, dalam rangka kunjungan kerja dan memberi sambutan pada acara musyawarah adat di sana. Tanggal 19 Maret, Tjahjo mengabarkan ada di Jakarta. Agendanya di tanggal tersebut, menghadiri undangan Harian Seputar Indonesia di Sahid Jaya Hotel. Setelah itu, ia akan memenuhi undangan dari Majalah Obesion di Hotel Kempinski, Jakarta. Esok harinya, 20 Maret, ia akan melakukan kunjungan kerja ke Banten. Kemudian tanggal 23 Maret, Tjahjo terbang ke Sumatera Utara, menghadiri. Musrenbang Provinsi Sumut. Seperti tak kenal lelah, tanggal 24 Maret, dari Medan, Tjahjo langsung melawat ke Kabupaten Badung, Bali untuk menghadiri Musrenbang di kabupaten tersebut.

Pada 26 Maret, Tjahjo sudah harus berangkat ke Kalimantan Tengah, menghadiri acara 26MRT "Musrenbang di Palangkaraya. Lalu, pada tanggal 28 Maret, Tjahjo bertandang ke Sumatera Selatan menghadiri Rakor Kesbangpo se Provinsi Sumatera Selatan. Besoknya, 29 Maret, ia terbang ke Kota Semarang. Tanggal 30 Maretnya, Tjahjo menghadiri rapat alumni KNPI di Hotel Sultan, Jakarta. Lalu akhir Maret, Tjahjo berangkat ke Kabupaten Berau Kalimantan Utara. Terakhir Tjahjo mengabarkan, bahwa dari tanggal 8 sampai 10 April 2015, ia berada di Bali, menghadiri Kongres PDIP.

"Bersyukurlah karena napas kita masih teratur. Jantung kita masih berdetak. Hati kita masih bisa merasakan. Semua adalah Anugerah-Nya," kata via layanan blackberry messenger, Jumat pagi, 13 Maret 2015.

Ketangguhan dan stamina Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ini mungkin perlu dicontoh para pejabat Riau, pasalnya, banyak pejabat Riau justru sering tidak hadir saat paripurna di DPRD Riau dengan berbagai alasan, bahkan saat acara di Pemprov Riau, masih ada pejabat yang tidak hadir meski sudah diundang. Dan yang perlu diteladani dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo adalah bagaimana berhubungan dengan publik, termasuk para awak media, pasalnya sesibuk apapun Tjahjo tetap menyempatkan menjawab konfirmasi para jurnalis. (gus)