PEKANBARU - Speedboat atau kapal cepat yang melayani penyeberangan dari Kabupaten Kepulauan Meranti ke Siak, untuk sementara tidak bisa bersandar dan menaikan serta menurunkan penumpang di Pelabuhan Penumpang Tanjung Buton, Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Ir H M Taufiq OH MT kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa penutupan sementara dimulai hari ini. Penutupan itu dikarenakan kondisi dermaga ponton penumpang yang ada saat ini mengalami kerusakan.

"Penutupan ini karena dudukan tiang jembatan menuju dermaga ponton pelabuhan penumpang dalam keadaan patah. Dermaga juga mengalami penunurunan kekuatan, karena beberapa tiang pancang patah dan ada yang keropos besinya," kata Taufiq.

Karena hal tersebut, dikatakan Taufiq, untuk menghindari hal yangbtak diinginkan sementara dialihkan ke Pelabuhan Penyengat Sungai Rawa di Siak. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemilik kapal Nagaline dan Meranti.

"Jadwal pelayanan pagi tetap sama pukul 08.30 WIB. Namun, untuk pelayanan siang lebih cepat dari awalnya, sekarang pukul 11.00 WIB," ungkap Taufiq.

Penutupan ini berdasarkan hasil rapat dengan Dinas Perhubungan Siak, BPTD, KSOP dan operator kapal. Disepakati Pelabuhan Mengkapan sisi lautnya dialihkan ke Pelabuhan Penyengat dekat Pelabuhan Sungai Rawa. ***