SIAK - Pembangunan SPAM Indoor Siak di pinggiran Sungai Siak, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Riau sudah rampung. Dijadwalkan Rabu (24/2/2021) nanti akan diresmikan oleh Direktur Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tarukim Siak, Irving Kahar saat Musrenbang Kecamatan Siak, Jumat (19/2/2021) di gedung Tengku Mahratu Siak.

SPAM Indoor yang berkapasitas 20 liter per detik yang dibangun dengan anggaran Rp27 miliar dari APBN itu merupakan bentuk sinergisitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Siak yang selalu harmonis dalam membangun infrastruktur yang berkelanjutan.

GoRiau Bangunan ini terletak di Kelur
Bangunan ini terletak di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Riau.
"Ini SPAM Indoor pertama yang menggunakan teknologi SCADA (Supervisory Control And Data) Acquisition atau berbasis komputer dan Reservoar dengan konstruksi Glass steel kapasitas 200 m3 untuk kapasitas IPA 20 LPD guna melayani masyarakat terhadap akses air minum di Kabupaten Siak," kata Irving.

Dijelaskan Irving, pembangunan SPAM Indoor ini diajukan Pemerintah Kabupaten Siak kepada Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Riau pada tahun 2019 dan tahun 2020 dimulai pembangunannya.

SPAM Indoor ini merupakan salah satu desain pengolahan air minum yang belum banyak dibangun di Indonesia. Di Riau baru 2 unit dibangun, pertama di Kampar pada 2016 dan kedua di Siak.

"Harapan Bupati Siak Alfedri untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat ini terus kita lakukan. Makanya jika ada keluhan soal air bersih di lapangan saat ini, warga bisa menghubungi call center di PU. Tidak perlu langsung menghubungi Bupati," kata Irving.

GoRiau Kehadiran SPAM Indoor Siak ini
Kehadiran SPAM Indoor Siak ini akan sangat membantu kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Siak. (Foto: Ira Widana)
Irving menyebutkan nomor call center pengaduan terkait air bersih ini aktif 24 jam. Karena cara kerjanya sama dengan unit reaksi cepat (URC). Seperti halnya yang terjadi saat ini di Kampung Rempak. Tekanan air rendah, dan teknisi terus mencari dimana titik kebocoran pipa.

"Nomor call centernya itu, 08117651133. Jadi jika terjadi kendala dalam pendistribusian air bersih, atau hal lainnya terkait air bersih, bisa langsung menghubungi nomor itu. Maka tim akan turun langsung ke lapangan untuk mengatasinya," kata Irving. ***