PANGKALAN KERINCI – Berbagai prestasi ditorehkan oleh para siswa di bawah Yayasan Mutiara Harapan dan Yayasan Kerinci Cinta Kasih. Para siswa ini berhasil menjuarai Olimpiade matematika The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMO), yakni sebuah kompetisi regional untuk matematikawan muda. Croby Salomo Sihite dan M Hasbi Hasibuan yang berasal dari SMP Global Andalan berhasil meraih medali perak dalam bidang ini, sedangkan dari Sekolah Mutiara Harapan (SMH),  Hagan Hatoto Barus (emas), Marsya Edeline (perunggu), Bianca Wichlyen Chen (perunggu).

Kemudian, untuk kompetisi International Competitions and Assements for Schools yang diselenggarakan oleh University of New South Wales (UNSW), Sydney, Australia ini siswa SMH juga meraih medali pada bidang di bidang digital teknologi, yakni Cleo Agatha Chandra, Yodha Ivander Chandra, Mariz Lorraine, dan Rayhan Tanoto. Sedangkan pada bidang matematika, Kelvin Berliano, Hagan Hatoto Barus, dan Khaisin Tanoto berhasil meraih medali emas.

Selain itu pada bidang pramuka, siswa SMP Global Andalan, Sifa Maharani menjadi perwakilan Provinsi Riau dalam lomba Penggalang Garuda yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Bogor. Penggalang Garuda merupakan penggalang dengan tingkatan yang paling tinggi. Sifa mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya diajak untuk konten yang mendidik.

Guru pembimbing dari SMP Global Andalan, Ita Purnama Sari mengatakan para siswa memiliki kemauan belajar yang tinggi sehingga tidak sulit untuk membimbing mereka. Saat ini sekolah juga telah memiliki ekstrakurikuler pengembangan matematika .

“Setiap tahun sekolah memiliki rencana untuk mengirimkan siswa mengikuti kompetisi berbagai bidang. Jadi kami persiapkan mereka agar memiliki pengetahuan dan mental yang cukup saat mengikuti lomba,” tuturnya pada Senin, (9/12).

Senada pembimbing dari SMH, Fitria Rasmita Manurung menyebut siswa mereka memiliki semangat belajar dan kompetisi yang tinggi. Ia mengatakan setiap tahun siswa dipersiapkan untuk memiliki berbagai perlombaan baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

“Sebelum lomba, jauh-jauh hari kami melatih siswa agar mereka memiliki persiapan dan mental yang matang untuk menghadapi lomba,” tuturnya.(rls)