JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2019-2023. Anies mengungguli dua calon lainnya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melalui pemilihan tertutup dalam Munas APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Setelah terpilih, Anies mengatakan ini merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya. Ada 10 program kerja yang akan dikerjakan Anies dan jajaran pengurus.

"Aspirasi yang banyak disampaikan adalah pembangunan di daerah lebih banyak diperhatikan terutama program-program daerah agar sinkron dengan pemerintah pusat. Nanti kita laksanakan bersama sama. 10 program kerja telah ditetapkan, itu akan kita laksanakan," kata Anies.

Anies menjelaskan program strategis APPSI ke depan adalah meneruskan usulan dari daerah kepulauan di Indonesia Timur ke pemerintah pusat. Selama ini, daerah kepulauan keberatan dengan formula penghitungan alokasi pembangunan dari pusat ke daerah.

"Mereka mengeluhkan selama ini cara ini penghitungannya bias daratan. Ukuran wilayah misalnya yang dipakai adalah ukuran daratan bagi kawasan-kawasan kepulauan dan penduduk sedikit."

"Akhirnya kecepatan pembangunan rendah karena jumlah penduduk tidak banyak dan bentuknya kepulauan," ucap Anies.

APPSI sendiri merupakan wadah bagi para gubernur untuk menyampaikan aspirasi daerah ke pemerintah pusat. Usulan formula baru dalam menghitung DAU dan DAK adalah salah satunya. Anies akan menawarkan formula tersebut kepada pemerintah pusat untuk kepentingan pembangunan daerah kepulauan.

Dalam waktu dekat ini, Anies akan membentuk tim formatur untuk susunan pengurus. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan mengukuhkan pengurus APPSI usai pemilihan Ketua APPSI.

Namun berhubung presiden saat ini sedang berada di Korea Selatan, maka tim formatur akan mencarikan waktu yang tepat untuk pengukuhan.***