JAKARTA - Pelatih Timnas Senior, Shin Tae-yong, terharu melihat militansi Marc Klok dan kawan-kawan saat bersua Yordania di matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB.

Meski kalah 0 1 dari Yordania, Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan skuad Garuda. Menurutnya, Timnas Indonesia tampil solid dan disiplin pada babak pertama. Namun, Yordania berhasil memecah kebuntuan melalui sontekan Yazan Al-Naimat di menit 49.

Kekalahan tipis 0-1 sejatinya tidak terlalu mengecewakan, mengingat Yordania jauh berada di atas Timnas Indonesia dari segi peringkat FIFA. Meski kalah dari Yordania, peluang skuad Garuda untuk lolos ke Piala Asia 2023 masih terbuka.

"Saya tidak bisa berkata-kata mengenai hasil akhir malam ini. Saya berterima kasih kepada pemain saya, mereka bertarung sangat keras sampai akhir. Sama halnya dengan pemain Yordania," kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers pascalaga, Minggu (12/6/2022).

Shin Tae-yong ingin para pemainnya menunjukkan tekad yang sama di laga pamungkas versus Nepal. Menurut Shin Tae-yong, hanya pemain yang punya tekad dan kemauan untuk menang yang akan tampil di laga kontra Nepal.

"Saya ucapkan selamat kepada Yordania. Kami akan memiliki mentalitas yang kuat. Saya percaya, saya pikir dua tim ini sudah menunjukan permainan yang bagus,” ujar pelatih 52 tahun ini.

"Kami akan melihat seberapa siap para pemain di laga terakhir nanti, dan siapa yang memiliki tekad untuk memenangkan laga nanti," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia menempati posisi yang lebih baik ketimbang Kuwait karena unggul head-to-head. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia menang 2 1 atas Kuwait di pertemuan pertama.

Skuad Garuda masih bisa lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur lima runner-up terbaik. Caranya tentu dengan mengalahkan Nepal, plus berharap di laga lain Kuwait gagal menang atas Yordania.***