PEKANBARU - Selain Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, beberapa pejabat utama Polda Riau yang menempati posisi strategis turut mendapatkan mutasi, termasuk Karo Ops, Direktur Reserse Kriminal Umum, Dansat (Komandan Satuan) Brimob serta beberapa lainnya.

Menurut data yang diperoleh GoRiau.com, posisi Direktur Reserse Kriminal Umum yang saat ini diisi oleh Kombes Agus Santoso selanjutnya bakal ditempati AKBP Hady Poerwanto. Ini adalah promosi jabatan baginyanya, yang kini sebagai Wakil Direktur Reskrimum Polda Sumsel.

Lalu jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus yang sempat kosong setelah ditinggalkan Kombes Johny Edisson Isir yang dipercaya menjadi ajudan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi, red) akan diisi oleh AKBP Gidion Arif Setyawan, yang kini menjadi Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Selain itu mutasi juga pada jabatan Karo Ops yang sekarang diisi Kombes Abdul Hafidh Yuhas. Ia bakal digantikan oleh Kombes Rachmat Widodo, yang sekarang sebagai analis kebijakan Madya bidang Jianbang Lemdikpol. Sementara Abdul Hafidh sendiri bakal diberi posisi baru menjadi Kasubdit Bindalmas Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri.

Lalu berikutnya ada nama Kombes Pradah Pinunjul yang cukup lama dipercaya sebagai Komandan Satuan Brimobda Polda Riau. Ia selanjutnya dipercaya menjadi Dansatbantek Pasgegana Korbrimob Polri. Posisinya akan diisi oleh Kombes Kamaruddin yang kini sebagai Kasat Brimobda Polda Gorontalo.

Wakasatbrimobda Polda Riau AKBP Abu Bakar Tertusi juga ikut dimutasi. Posisinya bakal digantikan oleh AKBP Ruddy Tan yang kini menjabat selaku Wakasatbrimobda Polda DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta, red). Kemudian Wadirbinmas Polda Riau AKBP Nanang Purnomo, yang dimutasi sebagai Kabid Humas Polda Kalbar.

Kapolda Riau Irjen Zulkarnain sendiri telah membenarkan mutasi dirinya, Jumat (25/8/2017) malam tadi. Ia mengaku sangat senang berdinas di Riau, karena masyarakatnya ramah dan baik-baik. Jenderal dengan jargoannya Rahmatan Lil Alamin itu selanjutnya dipercaya menjadi Kapolda Sumsel, tanah kelahirannya. ***