PEKANBARU - Terpilihnya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau defenitif penuh dengan drama. Bahkan Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo tertutup rapih, hingga menjadi tanda tanya besar masyarakat Riau. Keppres pun dibuka oleh Gubernur Riau, Syamsuar setibanya di Pekanbaru.

Meskipun sudah terjawab siapa yang menduduki jabatan Sedaprov Riau, yakni Yan Prana Jaya, menurut Sekretaris DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf, sekdaprov diharapkan bisa menjadi lokomotif yang bisa menarik gerbong Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Dengan terpilihnya Yan Prana sebagai Sekdaprov Riau defenitif, bisa menumbuhkan soliditas antar ASN di Pemprov Riau. Bagaimana memulihkan birokrasi yang selama ini belum berjalan dengan baik," kata Zulmizan kepada GoRiau.com, Jumat (22/11/2019).

Selain itu, politisi Riau yang akan maju dalam Pilkada Pelalawan sebagai calon bupati mengungkapkan, sekdaprov defenitif bisa mewujudkan visi misi Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Nasution.

"Untuk mewujudkannya diwaktu yang tinggal beberapa tahun ini memang tidak mudah. Itulah tantangan yang akan dihadapi sekdaprov yang baru dalam menjalankan tugasnya," ungkap Zulmizan.

Ia juga mengharapkan adanya penyegaran ASN pada 2020, sehingga roda pemerintahan yang dipimpin Syam - Edy bisa melaju dengan baik. "Penyegaran ASN perlu dilakukan, untuk mewujudkan Riau lebih baik," jelasnya. ***