PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau menggelar acara halal bihalal, pelepasan tenaga kesehatan dan jemaah calon haji (JCH) asal Riau pada Rabu (12/6/2019) di halaman Kantor Diskes Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa petugas kesehatan yang ditugaskan untuk melayani jemaah haji asal Riau tahun ini, jumlahnya mencapai 41 orang. Yang mana, mereka terdiri dari Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dan Panitia Pelaksana Ibadah Haji Indonesia (PPIH) untuk Riau.

"Rinciannya terdiri dari 35 orang TKHI yang direkrut oleh Kemenkes (Kementerian Kesehatan, red), TKHD kabupaten dan kota empat orang dan dua PPIH," ungkap Mimi di kantornya, Rabu siang.

Nantinya, kata Mimi, tim tenaga kesehatan yang akan dikirim ini akan mengawasi JCH melalui kegiatan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kesehatan.

Ia juga menambahkan, bahwa jumlah JCH Riau yang masuk dalam kategori jemaah resiko tinggi tahun ini mencapai 76,9 persen.

"Jemaah resiko tinggi itu maksudnya secara umum mereka berada pada usia di atas 60 tahun dan atau yang punya penyakit," kata Mimi.

Dalam kesempatan ini sendiri, seremonial pelepasan tenaga kesehatan dan JCH asal Riau dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi yang dipercaya untuk mewakili Gubernur Riau, Syamsuar.

"Selamat bertugas bagi para petugas yang akan berangkat mendampingi jemaah. Tentu saja selamat bertugas dengan penuh tanggungjawab untuk menjaga kesehatan para jemaah selama di tanah suci nanti," kata Sekdaprov Riau. ***