PEKANBARU - Setelah sempat menjadi perbincangan, akhirnya Kapolres Pelalawan, Indra Wijatmiko memberikan keterangan terkait video satwa owa yang diduga mati setelah diadu dengan anjing.

Penjelasan disampaikan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto. Ia mengatakan bahwa, hewan tersebut ditemukan oleh salah satu personel Polri atas nama Bripda Joss, pada tanggal 1 Desember 2020, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saat itu yang bersangkutan olahraga lari sore. Dia menemukan sebuah karung ditepi Jalan Kualo Pelalawan. Kondisi karung tersebut dalam keadaan terikat," ujar Sunarto Kamis (10/12/2020) malam.

Selanjutnya kata Indra, setelah ikatan karung tersebut dibuka, ternyata isinya hewan sejenis kera, dimana Joss belum mengetahui jenisnya, dalam keadaan sekarat dan terluka parah pada tangan serta pahanya.

"Kemudian anggota tersebut membawanya dan melaporkan kepada Kapolresnya. Selanjutnya Kapolres memerintahkan anggota tersebut untuk segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan atau pengobatan," lanjut Sunarto.

Disitulah Owa diberikan pertolongan medis dan pengobatan oleh dokter dan dibawa kembali.

"Tanggal 3 Desember, hewan tersebut dibawa lagi ke dokter hewan untuk pengobatan. Hingga pada akhirnya hewan tersebut meninggal karena sakit yang dideritanya pada tanggal 5 Desember," tutup Sunarto. ***