AGAM- Satu unit rumah di Simpang Dama, Jorong Sungai Cubadak, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hangus dilalap si jago merah, Kamis (7/11/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB.
 

Dikutip dari Covesia.com, Kasat Pol PP Damkar Agam, Kurniawan Syahputra mengatakan, rumah yang terbakar tersebut milik seorang kakek bernama Samjani (80). Ia tinggal seorang diri di rumah itu.

Dijelaskan Kurniawan Syahputra, peristiwa kebakaran diketahui masyarakat saat melihat api disertai gumpalan asap hitam membumbung dari atas rumah Samjani. Melihat peristiwa tersebut warga langsung memberikan pertolongan, sembari melakukan pemadaman kobaraan api.

"Beruntung api cepat diketahui, sehingga Samjani bisa diselamatkan, namun ia mendapatkan luka yang cukup parah di bagian tangan dan terpaksa dilarikan ke Puskesmas Baso untuk mendapatakan perawatan," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (8/11/2019).

Mendapat informasi adanya kebakaran, armada Damkar dari Posko Biaro dan Sungai Tanang langsung diluncurkan ke lokasi serta mendapatkan bantuan dari Posko Damkar di Bukittinggi.

Dibantu pemerintah nagari, kecamatan, TNI/Polri dan masyarakat setempat, api berhasil dipadamkan 1,5 jam kemudian. "Dari hasil penyelidikan, api berasal dari konsleting listrik, sementara kerugian materil ditaksir mencapai Rp70 juta," tutupnya.(han/nod/cvs)