PEKANBARU - Kebakaran terjadi di Jalan Garuda Raya, Perumahan Sidomulyo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Senin (27/1/2020). Akibatnya, satu rumah ludes dilahap sijago merah.

PLH Kasi Operasional dan Investigasi Damkar Kota Pekanbaru, Fahriansyah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.20 WIB, di rumah tinggal warga yang bernama B Tito Situmorang dengan ukuran 25 × 30 meter.

"Sampai di lokasi kebakaran petugas langsung melakukan pemadaman, penyelamatan, lalu setelah padam petugas menyisiri rumah yang terbakar lalu melakukan pendinginan," terang Fahriansyah, Senin (27/1/2020) sore.

Beruntung pada peristiwa itu tidak ada menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi yang ditimbulkan mencapai puluhan juta rupiah.

Terakhir Fahriansyah mengimbau, agar masyarakat ataupun pemilik usaha memperhatikan instalasi listrik yang digunakan dan menyediakan alat pemadam api ringan untuk mengantisipasi api membesar sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran.

"Untuk kronologis kejadian nanti silahkan tanya kepada pihak kepolisian, yang perlu kita ingat itu agar selalu menyediakan apar di rumah atau tempat usaha untuk antisipasi dan penanganan awal jika terjadi kebakaran, lalu hubungi petugas damkar. Selanjutnya gunakan instalasi listrik yang SNI karena kebanyakan penyebab kebakaran itu karena terjadinya arus pendek listrik yang menimbulkan api," tutupnya. ***