JAKARTA - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution menghadiri rapat perdana pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, Senin (27/1/2020), mewakili Gubernur Riau, Syamsuar.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Umum APPSI, Anies Baswedan, membahas berbagai isu strategis, termasuk masalah Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit yang menjadi aspirasi sejumlah daerah, terutama Provinsi Riau.

Dalam pertemuan itu, juga disepakati sejumlah agenda. Misalnya, dalam waktu dekat jajaran pengurus APPSI periode 2019-2023 akan dilantik dan dikukuhkan oleh Presiden RI di Istana Negara.

"Kedepannya, masalah DBH kelapa sawit akan dibahas lebih detail dan mendalam, agar aspirasi daerah penghasil dapat diakomodir," kata Anies yang juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam pertemuan itu.

Selain itu, dalam rapat tersebut untuk segera digelar rapat pengurus yang akan mengangkat sejumlah isu strategis per wilayah, lalu dirumuskan alternatif solusinya. Menurut Anies, berbagai persoalan yang terkait dengan pemerintah pusat, akan dikawal oleh APPSI agar aspirasi-aspirasi dari daerah bisa diakomodir.

"Kita ingin APPSI ini memberikan manfaat bagi seluruh provinsi," ungkap Anies yang didampingi Waketum APPSI Isran Noor yang juga Gubernur Kaltim.

Sementara itu, Edy Nasution dalam rapat tersebut juga menyinggung soal perusahaan-perusahaan besar di Riau yang kantor pusatnya justru berada di daerah lain. Sehingga pajaknya sama sekali tidak mengalir ke Riau.

"Ini juga jadi persoalan di daerah. Perusahaan besar kantor pusatnya justru di luar Riau," ujar mantan Komandan Korem 031/Wirabima kepada GoRiau.com.

Per tanggal 31 Desember 2019, telah ditetapkan jajaran pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk masa bakti 2019-2023. Gubernur DKI Jakarta H Anies Baswedan PhD dipercaya sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum dijabat Dr H Isran Noor MSi.

Sementara Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan dijabat Gubernur Riau H Syamsuar MSi, Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesra dijabat Gubernur Jawa Timur Dra Khofifah Indar Parawansa MSi dan Ketua III Bidang Provinsi Daerah Kepulauan dijabat Sulawesi Tenggara H Ali Mazi SH.

Sementara, Koordinator Wilayah Jawa dijabat Gubernur Jawa Barat Dr H Ridwan Kamil, Koordinator Wilayah Sumatera Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM, Koordinator Wilayah Kalimantan dijabat Gubernur Kalimantan Tengah Drs Ali Baal Masdar MSi dan Koordinator Wiayah Indonesia Timur dipercaya Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan.

APPSI merupakan organisasi tempat berkumpulnya para gubernur se-Indonesia. Melalui asosiasi ini para gubernur memperjuangkan kepentingan daerah. Susunan kepengurusan ini sesuai dengan keputusan formatur kelengkapan dewan pengurus APPSI dengan Nomor: 021/SK/APPSI/XII/2019 tertanggal 30 Desember 2019. ***