BENGKALIS, GORIAU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja harus bisa menjadi panutan masyarakat. Selain itu sebagai institusi penyelenggara ketertiban dan ketentraman umum, Satpol PP juga dituntut bekerja sesuai dengan motto ''ramah dalam penampilan, tegas dalam bertindak''.

Hal tersebut diingatkan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno ketika membuka pelatihan peningkatan penegakan produk hukum daerah bagi anggota Satpol PP Kabupaten Bengkalis, Senin (3/12/2012).

Ditegaskan Wabup, setiap menjalankan tugas Sapol PP dituntut tidak semata mengandalkan kekuatan dan perlengkapan operasional, tapi dibutuhkan manajemen yang handal dan selalu bertindak persuasif. ''Posisi Satpol PP sangat strategis, karena merupakan garda terdepan yang mempunyai peran sentral dan memikul tugas yang berat. Dalam konteks ini diperlukan kesiagaan Satpol PP dan korelasi ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan peraturan daerah,'' ujar Wabup.

Mengingat perannya yang strategis, sudah menjadi keharusan seluruh jajaran anggota Satpol PP dapat menjadi panutan masyarakat. Dalam melaksanakan tugas, anggota Satpol PP harus menghapus kesan negatif karena akan mencoreng citra Satpol PP sendiri. Wabup juga menyampaikan beberapa point penting terkait program dan tugas Satpol PP ke depannya. Pertama, Wabup berharap, Satpol PP terus meningkatkan profesionalitas dan disiplin pribadi dalam melaksanakan tugas, dengan mengedepankan sikap etis dan humanis namun tegas.

“Upayakan dan teruslah hindari tindakan kekerasan dalam setiap pelaksanaan tugas serta senantiasa menjunjung tinggi hak asasi manusia. Terus jalin kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan instansi terkait dan segenap komponen masyarakat, baik saat melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” pinta Wabup.

Wabup meminta agar Satpol PP memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat. Memegang teguh komitmen terhadap organisasi, sebagai bukti bahwa Satpol PP mampu melaksanakan perannya sebagai penegak Perda dan penyelenggara ketertiban umum serta ketentraman masyarakat. Anggota Satpol PP jangan pernah kendor dalam upaya menegakkan perda dalam kaitannya menciptakan ketentraman dan kenyamanan masyarakat. Yakinkah ketika bekerja dan betindak sesuai aturan dan itu memang benar. Jangan pernah kendur dan takut dengan berbagai ancaman, yakinlah masyarakat di belakang mendukung. (jfk)