TELUKKUANTAN – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, mengaku takjub dengan pacu jalur. Hal itu ia sampaikan saat membuka festival pacu jalur 2022 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Ahad (21/8/2022) siang.

"Ternyata, festival pacu jalur sudah tembus kharisma event nusantara 2022. Ini sangat luar biasa. Kawasannya belum tembus KSPN, ivennya sudah," ujar Sandi di depan Gubernur Riau, Syamsuar dan masyarakat Kuansing.

Dikatakan Sandi, tidak mudah menembus kharisma event nusantara 2022. Sebab, festival Indonesia sangat banyak.

"Festival di Indonesia sangat banyak, jumlahnya ratusan bahkan ribuan iven. Tak mudah menembus kharisma event nusantara. Alhamdulillah, festival pacu jalur tembus," ujar Sandi diiringi tepuk tangan masyarakat.

Karena sudah tembus kharisma event nusantara, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI akan melakukan kajian terhadap usulan Suhardiman Amby, yakni Kabupaten Kuansing masuk ke dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"Kami akan lakukan pengkajian terlebih dahulu," ujar Sandi.

Melihat festival pacu jalur, Sandi optimis wisatawan akan semakin banyak datang ke Kuansing. Apalagi, jika ada kebersamaan dalam mengelola wisata.

"Dengan hadirnya saya di sini, ini adalah promosi. Saya bawa tim dari Jakarta, agar pacu jalur semakin bagus," ujar Sandi.

Ia berharap, promosi festival pacu jalur dapat ditingkatkan, sehingga bisa menjadi iven berskala nasional. "Tak tertutup kemungkinan, suatu saat menjadi skala internasional," katanya.***