RIAU -- Menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriah (H) yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, PT Pertamina Gas (Pertagas) menyalurkan bantuan hewan kurban di area Proyek Pipa Minyak Rokan.

Bantuan tahap pertama melalui program Pertamina Peduli dilaksanakan pada Selasa-Kamis (13-15 Juli 2021). Pada penyaluran tahap pertama tersebut Pertagas telah menyerahkan total 27 kambing dan 2 sapi kepada masyarakat di sepanjang jalur Proyek Pipa Minyak Rokan, di Kabupaten Kampar, Siak Rokan Hilir dan Kota Dumai, dengan total 4 kecamatan dan 22 desa.

Bantuan hewan kurban tersebut disambut positif oleh para kepala daerah. Bupati Kampar diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, MSi, pada penerimaan bantuan hewan kurban di Markaz Islamic Centre, di Bangkinang Kota, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pertagas yang diserahkan pada 13 Juli 2021.

''Amanah berupa hewan kurban ini akan kami teruskan kepada masyarakat di Kabupaten Kampar di beberapa daerah,'' ujar Yusri.

Ditemui terpisah, Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Elok Riani Ariza, menyampaikan, bantuan hewan kurban dimaksudkan untuk memperkuat silaturahmi dengan pemerintah daerah setempat serta sebagai bentuk kepedulian Pertagas kepada masyarakat di jalur Proyek Pipa Minyak Rokan.

''Idul Adha tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, tentu kita tahu bahwa dampak dari pandemi tidak hanya dalam sektor kesehatan, namun juga sektor ekonomi turut merasakan dampaknya. Kami berharap, bantuan hewan kurban ini dapat disalurkan kepada yang berhak menerimanya atau yang membutuhkan,'' tutur Elok.

GoRiau Tim Pertagas disambut Bupati B
Tim Pertagas disambut Bupati Bengkalis, Kasmarni, di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis. (ist)

Elok menambahkan, kegiatan penyaluran hewan kurban di area Proyek Rokan akan terus dilanjutkan hingga tanggal 19 Juli 2021.

''Kegiatan ini masih berlanjut sampai tanggal 19 Juli nanti, Pertagas akan menyampaikan bantuan hewan kurban ke beberapa daerah lainnya di jalur Proyek Pipa Minyak Rokan,'' ujarnya.

Di tahap kedua, Pertagas rencananya akan menyalurkan bantuan hewan kurban mulai tanggal 16 -19 Juli 2021, sebanyak 6 ekor sapi dan 16 kambing di 5 kecamatan dan 8 desa, sehingga total hewan kurban yang disalurkan ke area Proyek Rokan sebanyak 8 sapi dan 43 kambing.

GoRiau Tim Pertagas menyerahkan hewan
Tim Pertagas menyerahkan hewan kurban ke pengurus Masjid Silaturrahmi di RT 11, Desa Mekarsari, Kota Dumai. (ist)

Proyek konstruksi dan penggantian pipa minyak Rokan merupakan proyek strategis nasional sepanjang kurang lebih 367 km yang melewati 5 kabupaten/kota, 14 kecamatan dan 38 desa/kelurahan. Pipa tersebut berpotensi mengangkut minyak sekitar 200 - 265 ribu barel per hari (bph). adv