PEKANBARU – Anggota DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing, Marwan Yohanis, menyambut baik dilaksanakannya kembali Festival Pacu Jalur (FPJ) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), setelah vakum dua tahun akibat Pandemi Covid-19.

Dikatakan Politisi Gerindra ini, pemerintah sendiri sudah memberikan kelonggaran untuk masyarakat dalam berbagai kegiatan. Terbaru, ada pelaksanaan iven MotoGP di Mandalika dan Formula E di Ancol.

Artinya, kegiatan yang memicu keramaian sudah diperbolehkan kembali, tak terkecuali FPJ yang menjadi salah satu pariwisata unggulan dari Provinsi Riau.

Untuk itu, Mantan Ketua DPRD Kuansing ini berharap, agenda rutin tahunan ini bisa terlaksana dengan lancar, sehingga bisa mengobati kerinduan masyarakat terhadap pelaksanaan festival ini.

"Pacu jalur tentu kita harapkan bisa menjadi angin segar dalam peningkatan roda perekonomian masyarakat sekitar," ujar Marwan, Minggu (5/6/2022).

Makanya, lanjut Marwan, iven besar ini jangan disia-siakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Mulai hari ini sudah harus dilakukan penataan, terhadap kesiapan menyambut festival ini.

"Festival ini harus jadi momen menata sumber pendapatan, bukan malah sebaliknya menjadi beban anggaran, saya rasa masyarakat dan pemerintah sudah paham bagaimana memaksimalkan potensi ekonomi," tuturnya.

Dia mengajak orang-orang dari luar Kuansing untuk menyaksikan FPJ ini pada Bulan Agustus mendatang, sebab pacu jalur merupakan tradisi yang sudah terkenal dimana-mana.

Buktinya, jumat lalu, sambung Marwan, masyarakat eks trans di Kuansing membuat pacu jalur mini. Artinya, mereka yang bukan orang Kuansing saja tidak mau menjadi penonton saja, tapi sudah ingin menjadi pemain.

"Ini tanda bahwa pacu jalur sangat dicintai semua kalangan, ini harus dikembangkan lagi, apalagi salah satu pilar ekonomi adalah sektor pariwisata," tutupnya. ***