JAKARTA - Persaudaraan Isteri Anggota DPR RI Periode 2014-2019 menyambangi langsung korban gempa bumi di tiga lokasi dan memberikan bantuan berupa peralatan masak dan beraneka macam kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, dan susu.

Ketiga daerah gempa yang dikunjungi adalah pertama Desa Margasana, Kecamatan Pagelaran, kedua Desa Sukarame, Kecamatan Carita, dan ketiga Desa Sindang Sari, Kecamatan Pagelaran, seluruhnya berada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Kami memilih menyambangi 3 desa ini karena setelah melakukan survei, ketiga desa ini yang terkena dampak langsung dan masih termasuk sangat kurang bantuannya dari pemerintah daerah sehingga harus segera dibantu," kata Dessy Wilgo, perwakilan PIA DPR RI yang berkunjung ke Pandeglang didampingi Hj. Nunik Murniati SE.

PIA DPR RI yang terdiri dari 10 fraksi di DPR, memang mempunyai misi sosial dalam program kerja PIA DPR RI, tergerak untuk memberikan bantuan secara kongkrit kepada korban gempa bumi dan tsunami.

"Melihat berita mengenai gempa bumi dan tsunami yang menimbulkan dampak kerusakan seperti rumah dan korban jiwa yang cukup banyak, PIA DPR RI tergerak untuk meringankan beban kesulitan warga Pandeglang yang tertimpa gempa bumi dan tsunami dengan memberikan peralatan masak dan kebutuhan sembako warga korban gempa dan tsunami," ujar Ketua PIA DPR Lenny Bambang Soesatyo.

Bantuan tersebut diterima warga Desa Margasana, Desa Sukarame dan Desa Sindang Sari, yang saat ini kekurangan bahan makan dan minuman.

"Kami sangat berterima kasih kepada PIA DPR RI yang telah membantu kesulitan kami, sebagian mengalami trauma dan belum bisa ke rumah masing-masing karena rumah mereka sudah sangat rusak," demikian penjelasan Lurah Desa Margasan Adi Syaefullah.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Sukarame, Kyai H. Ahmad Yani. Menurutnya bantuan tersebut memang diperlukan warga Desa Sukarame.

"Dengan melihat langsung keadaan akibat gempa dan tsunami dan berinteraksi dengan warga korban gempa, kami sangat terharu dengan ketegaran warga Pandeglang dalam menghadapi musibah gempa dan tsunami dan berharap masyarakat Indonesia dapat memberikan bantuan kepada korban gempa Pandeglang," imbuh Perwakilan PIA DPR RI, Dessy Wilgo.

Kunjungan ditutup dengan membaca doa bersama yang dipimpin oleh Perwakilan PIA DPR RI, Nunik Murniati SE.

"Semoga warga Pandeglang dikuatkan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami ini dan semakin dekat kepada Allah SWT untuk meminta perlindunganNya atas gempa bumi dan tsunami di Pandeglang," tandasnya.

Dalam menyerahkan bantuan ini turut hadir Kapolres Labuan, Koramil Pandeglang, Tim medis Puskesmas Labuan, Lurah Desa Margasana dan Lurah Desa Sukarame serta pimpinan pesantren. ***