SIAK - Petugas parkir di sekitar Istana Siak nampaknya tidak tegas lagi dalam menertibkan parkir kendaraan para wisatawan. Banyak mobil yang parkir di depan Istana dan di rumput lapangan tugu, meskipun sudah ada lokasi parkir yang disediakan pemerintah.

Pantauan GoRiau.com sebelum objek wisata Siak dibuka, wisatawan yang datang ke Istana Siak juga terlihat memarkirkan kendaraannya sembarangan. Tidak ada petugas parkir yang mengarahkan parkir ke tempat parkir yang sudah disediakan.

Kondisi ini juga terpantau oleh Lurah Kampung Dalam, Andri Fauzar. Dia berharap, petugas parkir dapat dengan aktif menertibkan parkir kendaraan para wisatawan tepatnya di depan komplek makam Koto Tinggi. 

"Kalau terlalu lama dibiarkan mobil parkir di lapangan Tugu, maka rumput di lapangan itu akan rusak dan mati. Akan sangat susah untuk merawatnya kembali. Kita berharap pengelola parkir tanggap akan hal ini," kata Lurah Kampung Dalam kepada GoRiau.com, Senin (16/11/2020).

Sementara itu, Kasi Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, Zulkifli saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan akan meminta dengan tegas pengelola parkir untuk bisa tegas dalam menertibkan parkir kendaraan pada tempat yang sudah disediakan.

"Ini akan saya kordinasikan lagi dengan pengelola parkirnya. Supaya anggota parkirnya di lapangan bisa tegas menertibkan parkir ke depan makam Koto Tinggi," kata Zulkifli.

Selain itu juga, petugas parkir diminta tidak menaikan tarif parkir dari yang sudah ditetapkan dalam Perda.

"Wisatawan bisa cek tarif parkir di sekitar lokasi parkir. Jangan bayar di luar dari tarif tersebut," kata Zulkifli. ***