PEKANBARU – Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina, Pekanbaru, Riau terus berbenah dan kini menambah fasilitas baru untuk meningkat layanan kepada masyarakat yakni pelayanan kateterisasi jantung dan angiografi (Catch Lab) atau yang lebih dikenal sebagai kateter dan teropong jantung.

Layanan Kateterisasi dan Teropong Jantung RSI Ibnu Sina diresmikan sekaligus launching, Rabu, 16 Februari 2022.

‘’Pelayanan ini dapat menjadi salah satu pilihan masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru yang mengalami penyakit jantung. Adapun pasien yang dapat menerima pelayanan ini adalah mereka dengan nyeri dada yang disebabkan oleh sakit jantung. Sebelum menjalani tindakan ini, pasien harus menjalani pemeriksaan dan direkomendasikan oleh spesialis jantung,’’ ujar Direktur RSI Ibnu Sina, dr. Tryanda Ferdyansyah.

Pengelola dan pelaksana layanan ini merupakan dokter ahli intervensi / tindakan jantung senior yang ada di Provinsi Riau, yakni dr Irwan Sp.JP(K)-FIHA.

‘’Tindakan ini membantu mendiagnosa kondisi jantung, seperti penyakit arteri koroner, katup jantung yang rusak, cacat jantung bawaan, dan memberikan informasi mengenai kekuatan otot serta fungsi pemompaan jantung. Apabila dokter melihat terdapat pembuluh darah yang tersumbat, maka dokter jantung dapat memasang stent agar pembuluh darah pasien tetap lebar,’’ ujarnya.

Direktur RSI Ibnu Sina, dr. Tryanda Ferdyansyah, berharap agar pelayanan Cath Lab yang merupakan salah satu pelayanan unggulan di RSI Ibnu Sina dapat menjadi pilihan warga Riau, khususnya Pekanbaru agar dapat menerima tindakan pertolongan untuk kondisi jantung dengan tepat.

Apalagi hampir 25% masyarakat Indonesia mengalami sakit jantung dan 18 ribu kasus baru dari sakit jantung terjadi setiap tahunnya, sedangkan jumlah pelayanan Cath Lab yang ada di Riau masih terbatas. RSI Ibnu Sina selalu berupaya melihat kebutuhan kesehatan masyarakat dan menghadirkan pelayanan-pelayanan terbaik dengan konsep muslim friendly. ***