BENGKALIS, GORIAU.COM - Dalam rangkaian menyemarakkan HUT RI ke 69, Pemkab Bengkalis menggelar lomba panjat batang pinang untuk kalangan umum dan pelajar di lapangan pasir Taman Andam Dewi, Bengkalis, Minggu (24/8). Sebanyak 30 batang pinang disiapkan panitia dengan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Perlombaan yang digelar di lapangan pasir itu disaksikan ribuan warga Kota Bengkalis. Sama seperti lomba-lomba sebelumnya, untuk lomba panjat batang pinang ini juga digawangi satker lingkup Pemkab Bengkalis.

Ada tiga instansi yang menjadi leading sector penyelenggaraan panjat pinang ini, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan PT Bank Riau Kepri.

Pantauan di lapangan pasir Andam Dewi, ada 30 batang pinang dengan tinggi 6-7 meter terpacak di sudut lapangan pasir. Sedangkan hadiah yang digantungkan berupa amplop-amplop bertuliskan bermacam hadiah, seperti sepeda mini, sepeda gunung, rice cooker, dispencer, kompor gas, strika, mesin cuci, lampu emergensi dan banyak lagi.

''Peserta dibagi dalam dua kelompok, kelompok SD-SMP da kelompok umum. Untuk SD-SMP, tinggi batang pinang 6 meter, sedangkan untuk umum 7 meter. Masing-masing kelompok hanya diperkenankan mengambil 3 hadiah yang tergantung,'' ujar koordinator pertandingan, Akmal.

Para peserta tidak hanya berasal dari seputaran kota Bengkalis, tapi ada juga yang berasal dari luar kota. Para peserta harus mendaftar terlebih dahulu kepada panitia untuk bisa memanjat batang pinang.

Setelah dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati, Haholongan, para peserta langsung menyerbu batang pinang. Tidak hanya para peserta ratusan penonton juga ikut nimbrung ke tengah arena, ikut memberikan semangat teman dan anak-anak mereka yang ikut lomba memanjat.

Hiruk pikuk dan sorak sorai membahana di lapangan pasir Andam Dewi. Berbagai aksi menarik terjadi saat para peserta memanjat batang pinang, ada yang tak sampai 5 menit langsung berhasil sampai ke atas, ada pula yang celananya melorot karena ditarik teman-temannya yang lain.(jfk)