PEKANBARU, GORIAU.COM - Bersempena dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 tahun, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerjasama denga Dinas Kesehatan se-Indonesia akan memecahkan Rekor Muri kategori Cap Tangan Berwarna-warni di sehelai kain. Kegiatan ini serentak dilakukan di Indonesia sebagai komitmen untuk anti rokok.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zainal Arifin kepada GoRiau.com, mengatakan, khusus di Riau, pihaknya telah mempersiapkan panitia untuk melaksanakan kegiatan rekor muri anti rokok se-Indonesia tersebut pada Minggu (16/11/2014) di Halaman Kantor Gubernur Riau.

"Target kita ada 50 ribu peserta yang akan mengikuti acara cap tangan berwarna-warni ini nantinya. Target tersebut digabung dari hasil kegiatan 34 provinsi di Indonesia. Setelah mencap tangan, setiap provinsi akan melaporkan ke Kemenkes RI yang juga melaksanakan kegiatan tersebut dihari yang sama," jelas Zainal.

Dijelaskannya, kegiatan yang diselenggarakan di Riau nanti akan dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Sekdaprov Riau Zaini Ismail, seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Riau, lembaga kesehatan di Riau serta siswa SMA Negeri 1 hingga SMAN 10 Pekanbaru juga dilibatkan dalam kegiatan kesehatan itu.

"Nanti pada hari yang sama Kemenkes RI juga melaksanakan kegiatan di Monas, Jakarta sebagai puncak kegiatan di Indonesia. Selain itu di Riau sendiri, kita juga akan memberikan pemahaman dan merubah mainset masyarakat tentang prilaku kuratif ke upaya pencegahan," jelasnya.

Selain itu, kegiatan komitmen anti merokok di Indonesia khususnya di Riau juga akan diberikan penjelasan mengenai multi player efek untuk tidak merokok. "Ternyata banyak loh multi player efek untuk tidak merokok ini, salah satunya mengurangi kanker paru," imbuhnya.***