PEKANBARU, GORIAU.COM -Berbagai wilayah di Provinsi Riau saat ini tengah dilanda kebut asap akibat dari kebakaran hutan atau lahan. Berbagai penyakit sangat rentan menghinggapi tubuh manusia, namun pihak pegawai dinas kesehatan setempat justru keluyuran dijam dinas.

Pantauan GoRiau.com, Kamis (20/6/2013) sekitar pukul 11.00 WIB, sejumlah ruang kerja di berbagai bidang pada dinas tersebut di Pekanbaru tampak kosong melompong. Hanya ada beberapa pegawai kebersihan dan pramusaji saja.

Sementara para tenaga ahli kesehatan dan pejabat-pejabatnya jutru tidak berada di tempat. Menurut informasi, para pejabat tersebut tengah asyik keluyuran tanpa kegiatan kedinasan.

"Sebagian ada yang datang ke rumah kepala dinas untuk memberikan ucapan selamat karena kadis baru pulang umroh," kata Rudi, petugas kebersihan dinas tersebut.

Sebelumnya telah dikabarkan, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan setempat telah mengeluarkan surat edaran tentang siaga darurat kabut asap yang merupakan dampak dari peristiwa kebakaran hutan atau lahan.

Dikabarkan juga, saat ini jumlah penderita penyakit Ispa untuk beberapa kabupaten dan kota di Riau terus mengalami peningkatan cukup signifikan.

Seperti Kota Dumai, untuk beberapa fasilitas pelayan kesehatan, kenaikan penderita Ispa cukup drastis yakni mencapai 15 persen setiap minggu. Kemudian di Kabupaten Bengkalis, yakni mencapai 20-30 persen atau sekitar lebih dari 500 jiwa.(fzr)