PEKANBARU – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Stargazer pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022) yang lalu. Selanjutnya, produk mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) terbaru HMID yang memiliki eksterior yang lebih futuristik ini diluncurkan di sejumlah kota di Indonesia, termasuk di Kota Pekanbaru, Riau, hari ini, Sabtu (13/8/2022).

Sales Manager Hyundai Cabang Riau, Andy Putra mengatakan bahwa Hyundai Stargazer yang diproduksi secara lokal di Pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat ini juga diharapkan menjadi tolok ukur baru di kelasnya berkat tampilan yang memikat dan interior yang lapang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Kami dari Hyundai sudah mengeluarkan satu tipe mobil yaitu Low MPV yang memang bintang baru keluarga namanya adalah hyundai Stargazer," kata Andy di dealer Hyundai Jalan Riau Pekanbaru.

Ia mengatakan Hyundai Stargazer ini siap bersaing dengan semua tipe mobil brand Jepang yang ada di Indonesia saat ini. Pihaknya yakin ini akan menjadi mobil primadona dan akan banyak dikejar dan banyak diambil oleh masyarakat Indonesia.

"Hyundai Stargazer adalah mobil baru yang juga memang secara spesifik diciptakan untuk kebutuhan keluarga. Mobil ini juga kami ciptakan agar menjadi standar baru mobil keluarga yang dijual untuk saat ini. Hyundai Stargazer juga kami ciptakan agar bisa menjadi lebih dari kendaraan semata," ujarnya.

Disampaikan Andy, Hyundai Stargazer hadir dalam empat varian yakni Active, Trend, Style dan Prime sebagai varian tertinggi.

"Di tipe ini kita ada 7 penumpang dan 6 penumpang. 6 penumpang ini adalah tipe captain seat, jadi lebih luxury dibanding dengan yang 7 penumpang," jelasnya.

Untuk spesifikasinya, Hyundai Stargazer ini bakal langsung bersaing di segmentasi mobil keluarga murah (low MPV/LMPV) yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Nantinya, Hyundai Stargazer bakal menjadi pesaing utama LMPV lainnya seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki Ertiga. Hyundai Stargazer optimis bisa bersaing sebab sudah memiliki banyak bekal yang cukup.

Selain desainnya yang keren dan beda dari yang lain, Hyundai Stargazer punya mesin yang mumpuni. Mesin Hyundai Stargazer memakai mesin yang sama dengan Hyundai Creta yakni berkapasitas 1.497 CC dengan tenaga puncak 115 PS di 6.300 RPM dengan torsi 144 Nm di 4.500 RPM.

Bukan itu saja, Hyundai Stargazer memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh para kompetitornya. Selain kabin yang luas dan ruang penyimpanan yang banyak, Hyundai Stargazer dilengkapi dengan Hyundai Bluelink dan Hyundai SmartSense.

Fitur ini membuat mobil bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone. Beberapa fungsi seperti menyalakan mobil, menyalakan AC, mencari posisi mobil bisa dilakukan melalui sentuhan di layar Smartphone Anda.

Selain itu juga jangan lupakan teknologi Hyundai SmartSense berupa peranti keselamatna aktif yang bekerja di dalam mobil seperti lane keeping assits (LKA) yang mempertahankan mobil tetap berada di jalurnya.

Ada beberapa fitur lainnya seperti Fordwarc Collision Avoidance Assist (FCCA), Blind Spot Collision Warning (BCW) dan Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), serta Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

"Untuk harga wilayah Pekanbaru, Provinsi Riau, Hyundai Stargazer dijual mulai harga termurah Rp265.300.000. Sedangkan tipe tertingginya, Hyundai Stargazer dijual dengan harga yang paling tinggi Rp330.200.000," ucapnya.

"Dengan harga segitu kita memberikan banyak fitur, baik dari teknologi, segi keamanan dan segi kenyamanan bagi penggunanya," imbuhnya.

Lanjut Andy, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Hyundai Stargazer, pihaknya optimis bisa menjual mobil ini minimal 150 unit untuk setiap bulannya.

"Target yang diberikan lebih kurang sekitar 150 unit perbulan, ini untuk seluruh Pekanbaru. Karena kita melihat segmen LMPV ini sangat besar. Bahkan sebelum kita launching saja, antusias masyarakat sudah sangat tinggi, baik dari daerah maupun di Jakarta. Bahkan sebelum launching saja, untuk pemesanan di Kota Pekanbaru mencapai hampir 50 unit. Ini bukti antusias masyarakat sangat tinggi untuk menyambut Hyundai Stargazer," tukasnya. ***