TOKYO - Atlet para bulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila telah menunjukkan kualitasnya di pentas Paralimpiade Tokyo 2020. Pada debut cabang olahraga para bulu tangkis di ajang Paralimpiade ini, Ratri panggilan akrabnya lolos ke semifinal di tiga nomor berbeda sekaligus.

Rentetan tiga pertandingan semifinal yang akan dimainkan Ratri dalam sehari tersebut akan dibuka dengan laga empat besar di ganda putri SL3-SU5. Pada Sabtu (4/9/2021) pagi, Ratri yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah di akan melawan pasangan Prancis, Morin Lenaig/Noel Faustine.

Selanjutnya pada siang harinya, Ratri akan berjuang untuk lolos ke final tunggal putri SL4 saat melawan pemain Tiongkok, Ma Huihui untuk memperebutken tiket final.

Pertandingan semifinal ketiga akan dimainkan Ratri yang berpasangan dengan Hary Susanto pada ganda campuran SL3-SU5 melawan pasangan Bhagat Pramod/Kohli Palak dari India.

Pemain berjuluk “Queen of Parabadminton” itu bahkan berpeluang besar untuk bertanding sebanyak empat kali pada hari Sabtu jika ganda putri berhasil lolos ke babak final untuk memperebutkan medali emas atau harus bertarung memperebutkan medali perunggu ganda putri jika kalah di semifinal.

Meski akan memainkan pertandingan maraton dalam sehari, pemain berusia 30 tahun itu akan fokus pada setiap pertandingan dan pemulihan fisik untuk tampil di babak empat besar itu.

“Sangat bersyukur bisa masuk semifinal semua nomor yang saya ikuti. Sekarang saya hanya berpikir untuk jaga kondisi dan istirahat secukupbya guna menghadapi pertandingan besok,” kata Ratri.

“Saya akan fokus ke satu per satu pertandingan yang akan saya mainkan,” tandas Ratri.

Keberhasilan Ratri masuk ke semifinal tiga nomor para bulu tangkis memang sudah diprediksi oleh Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

“Dari awal kami memang sudah memprediksi Ratri akan masuk semifinal semua nomor yang diikutinya dan kami tidak kuatir dengan fisiknya karena selama Ratri sangat peduli dengan kondisi fisiknya,” jelas Rima.

“Ratri pemain yang sangat profesional dan sangat disiplin dan mengatur waktu dalam menjaga kebugaran fisik,” lanjut Rima.

Peluang besar untuk meraih medali bagi kontingen Indonesia bisa diharapkan ke Ratri yang menjadi unggulan utama pada tiga nomor semifinal yang akan dimainkannya. ***