DUMAI-Kasus Covid-19 di Kota Dumai Riau mulai melandai. Ditandai dengan pasien yang sembuh pada beberapa hari belakangan terus lebih banyak dibandingkan penambahan kasus Covid-19 baru.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai, dr Syaiful‎ mengungkapkan, bahwa perkembangan Covid-19 di Kota Dumai beberapa hari belakangan melandai. Angka pasien yang sembuh lebih banyak ketimbang penambahan kasus Covid-19 yang baru.

Dituturkannya, ‎pada Kamis (2/9/2021) jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh berjumlah 36 pasien. Sedangkan penambahan kasus baru di hari yang sama berjumlah 17 pasien.

"Alhamdulillah dari hari ke hari jumlah pasien yang sembuh selalu lebih tinggi ketimbang penambahan kasus baru," ujar Syaiful seperti dilansir dari Pekanbaru.tribunnews.com, Jumat (3/9/2021).

"Kita berharap keadaannya seperti ini terus, namun tak membuat masyarakat lengah dan mengendorkan prokes," sambungnya.

Syaiful mengucapkan terimakasih kepada tim medis yang sudah berjibaku dalam memberikan penanganan medis bagi pasien Covid-19. Ucapan yang sama juga ditujukan untuk para pasien isolasi mandiri yang sudah mengikuti aturan yang berlaku, sehingga tingkat kesembuhan semakin tinggi.

Syaiful menegaskan, meskipun angka kesembuhan lebih banyak ketimbang penambahan kasus baru, ia meminta masyarakat untuk tidak mengendorkan protokol kesehatan.

Untuk data akumulasi kasus, tambah Syaiful, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Kamis (2/9/2021) sebanyak 10.061 pasien. Dengan rincian 202 orang menjalani isolasi mandiri, dan 35 pasien menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan pasien sembuh ada sebanyak 9.587 dan meninggal dunia 237 kasus.

‎Syaiful menjelaskan, meskipun kondisi perkembangan Covid-19 di Kota Dumai, sudah berangsur menurun, namun Covid-19 masih ada di Dumai. "Jadi jangan pernah kendorkan prokes," tegasnya.

Ia berharap dengan kedisiplinan masyarakat, angka perkembangan Covid-19 bisa ditekan, sehingga Kota Dumai, bisa segera terbebas dari Covid-19. "Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, gunakan masker dengan baik dan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak," imbau Syaiful.***