PEKANBARU - Ketua DPRD Riau Indra Gunawan atau biasa disapa Eet, memberikan dukungan penuh terhadap rencana Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Riau membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.

Hal ini disampaikan langsung oleh Eet pada acara silaturahmi dengan pengurus DPD IPK Riau di Cafe Star City Squere, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, hari Senin (27/1/2020) sore.

Indra menegaskan, sebagai Organisasi Kepemudaan (OKP) yang telah ada di Riau sejak 2003, IPK dinilai mampu menyusun program yang sejalan dengan program pemerintah daerah.

"Kita akan bantu dan dukung, menurut saya IPK sudah tahu menyusun bagaimana programnya," sebut Eet dihadapan Ketua DPD IPK Riau Kasten Harianja, Sekretaris Juprian, SE dan jajaran pengurus serta Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau H. Agung Nugroho.

Eet yang juga menjabat Ketua Harian Partai Golkar Riau itu, juga menyambut hangat terbentuknya kepengurusan DPD IPK Riau periode 2020-2025 yang akan dilantik pada tanggal 30 Januari 2020 mendatang.

"Dengan pengurusan yang baru semoga IPK bisa bersinergi dengan semua pihak, yang tua dengan tuahnya, yang muda dengan karyanya," harapnya.

Terpisah Ketua DPD IPK Riau, Kasten Harianja menyatakan, pembentukan Satgas Karhutla merupakan langkah strategis dalam menyahuti program pemerintah Riau.

Dalam hal ini DPD IPK tentu akan bersinergi dalam program antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Karhutla bukan tanggungjawab pemerintah semata, tetapi seluruh elemen masyarakat.

"IPK adalah bagian dari masyarakat. Kita juga memiliki tanggungjawab, bagaimana membantu semua institusi terkait mengangisipasi Karhutla. Ini tugas kita bersama. " ujar Harianja.

Keberadaan Satgas Karhutla IPK, sebut Harianja, berada di DPD IPK Kabupaten/Kota. Dengan demikian, Satgas Karhutla IPK bertanggungjawab di daerahnya masing-masing.

"Nantinya DPD IPK Riau akan kerahkan Satgas Karhutla IPK untuk bersinergi dengan satuan tugas instansi terkait di lokasi kebakaran," terang Harianja.

Dalam kesempatan itu, Harianja juga menyatakan kesiapan DPD IPK Riau untuk bersinergi dengan semua pihak dalam mendorong Pembangunan di Bumi Lancang Kuning.

"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Keberadaan IPK di Riau harus memberikan mamfaat bagi pemerintah dan masyarakat setempat. IPK sudah menjadi milik masyarakat Riau," sebut Harianja.

Dalam kesempatan yang sama Harianja juga mengundang Ketua DPRD Riau Indra Gunawan dan Ketua Fraksi Demokrat Agung Nugroho untuk hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPD IPK Riau periode 2020-2025 yang akan berlangsung pada Kamis (30/1/2020) mendatang.***