SELATPANJANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan kegiatan PWI Goes To School ke SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat di Desa Mekong, Rabu (22/5/2024). Puluhan siswa-siswi tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

PWI Goes To School merupakan salah satu program unggulan PWI Kepulauan Meranti dalam rangka literasi jurnalistik kepada para pelajar.

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Safrizal mengatakan, PWI Goes To School ini merupakan kegiatan rutin PWI Kabupaten Kepulauan Meranti yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu dengan menyasar pelajar SMA/SMK sederajat di wilayah setempat.

"Kami atas nama Pengurus PWI Kepulauan Meranti mengucapkan terima kasih kepada pihak SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat yang telah bersedia sekolahnya kami kunjungi. Kami berharap ke depan kerja sama ini bisa ditingkatkan," ungkap Safrizal.

Dalam paparan materinya, Safrizal juga menjelaskan tentang teknik penulisan berita, baik itu straight news maupun feature.

Dia mengaku senang dengan antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan itu. Menurut Safrizal, ini menunjukkan keingintahuan mereka tentang jurnalistik.

"Tentu kami sangat senang dan menyambut baik hal itu. Bahkan, ketika kami berikan pertanyaan, mereka juga mampu menjawabnya," jelas Rizal.

Kepala SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat, Sari Dewi S.Pd MM menyambut baik kegiatan yang digelar PWI. Dia mengapresiasi upaya PWI dalam mengedukasi siswa-siswi tentang dunia tulis menulis.

"Tentunya sangat baik ya, saya apresiasi PWI yang telah menggelar kegiatan ini di sekolah kami. Ini merupakan support bagi kami karena sebagai salah satu program untuk mencerdaskan anak bangsa," ungkapnya.

Sari Dewi menyebutkan, tahun ini setidaknya 2 orang siswa SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat berhasil mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti ke tingkat Provinsi Riau di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk lomba tulisan jurnalistik dan lomba fotografi.

"Semoga dengan kunjungan PWI Kepulauan Meranti ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi di bidang jurnalistik, dan harapan kami kegiatan ini terus berlanjut terutama ke SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat," harap Sari Dewi.

Turut hadir dalam kegiatan PWI Goes to School itu, Penasehat PWI Kepulauan Meranti Syawaludin, Syamsidir dan Pauzi. Kemudian Seksi Bidang Pendidikan Masnur, Anggota dan Simpatisan PWI. ***