SELATPANJANG - Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Kepulauan Meranti mulai menggelar seleksi terbuka pemain usia di bawah 21 tahun. Seleksi ini untuk persiapan mengikuti Piala Gubernur Riau di Pekanbaru dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2017 di Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Ketua PSSI Kepulauan Meranti Hery Saputra SH, ketika ditemui di lapangan Gelora Selatpanjang, Rabu (1/3/2017).

"Kita gelar seleksi terbuka. Ini dihadiri pemain U-21 dari semua kecamatan," ujar Hery kepada GoRiau.

Kata lak-laki yang akrab dipanggil Hery Gading itu lagi, ada 112 pemain yang mengikuti seleksi. Nantinya, untuk mengikuti Piala Gubri April 2017, mereka akan mempersiapkan 1 tim sebanyak 18 pemain. "Ini juga persiapan Porprov Oktober 2017 mendatang," kata Hery.

Di tempat yang sama, manejer seleksi Syaiful mengatakan, untuk seleksi tahap awal mereka gelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (2/3/2017). Dari 112 pemain U-21 mereka akan mengambil sebanyak 30 pemain.

Kemudian, ditambahkan Syaiful, dari 30 nama itu, nantinya akan terus terjadi pengurangan, hingga mereka mendapat tim inti sebanyak 18 orang. Setelah mendapat 1 tim, baru akan dilaksanakan TC berjalan.

"Waktu TC belum bisa kita pastikan kapan. Yang jelas, ketika sudah dipondokkan, itu sudah full tim," kata Syaiful.

Syaiful juga menegaskan kepada seluruh pemain U-21 yang ikut seleksi, untuk terus menunjukkan kebolehan di lapangan. Sebab, katanya lagi, tidak ada jaminan pemain yang sebelumnya pernah masuk Piala Gubri akan terpilih di seleksi tahun 2017 ini. Semuanya sama, sama-sama mempunyai peluang lulus yang dilihat dari kemampuan bermain sepakbola.

"Waktu singkat, kita butuh pemain yang siap pakai. Tunjukkanlah kemampuan selama seleksi ini," kata Syaiful kepada pemain.

"Materi ini akan kita kembangkan lagi untuk persiapan Porprov nantinya," tambah Syaiful.

Sekretaris KONI Kepulauan Meranti memberikan apresiasi atas seleksi terbuka yang digelar oleh PSSI. Menurutnya, sistem seleksi seperti ini harus diterapkan di semua cabang olahraga (Cabor). Karena hasil yang didapati betul-betul berdasarkan kemampuan pemain.

"Seleksi terbuka ini sudah dimulai oleh PSSI. Hari ini semua kecamatan ikut, kita berikan apresiasi. Proses seleksi terbuka seperti ini nantinya harus diikuti oleh cabor-cabor yang lain. Saya akan selalu turun ke lapangan untuk memantau langsung," kata Ricky. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini