JAKARTA - PSSI terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya pelatih di lingkungan sepak bola nasional. Selain kursus pelatih C, B, dan A AFC pada awal tahun 2020, PSSI kembali menggelar kursus Pro AFC.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Pada tahun 2018, PSSI telah menggelar kursus ini untuk kali pertama dalam sejarah. Sebanyak 20 pelatih asal Indonesia saat ini telah lulus lisensi Pro AFC.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengatakan bahwa ujung tombak untuk meningkatkan sepakbola kedepan adalah coach education, youth develompment dan youth competition.

"Untuk melatih latihan yang efektif dan berkualitas diperlukan knowledge apakah itu untuk pemain senior atau pemain usia muda untuk masa depan," kata Danurwindo.

"Untuk itu PSSI ,setiap tahun berusaha untuk meningkatkan kualitas pelatih dengan melaksanakan kursus lisensi D, C PSSI, B PSSI/AFC, A AFC dan Pro AFC. Bulan Januari 2020, PSSI berencana akan mengadakan kursus Pro AFC yang kedua dengan delapan modul," tambahnya.

Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut kursus Pro AFC yakni

1. Memiliki A AFC/UEFA license
2. Masih aktif melatih tim/klub senior atau tim nasional. ***