PEKANBARU - Progres pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang sampai saat ini diklaim sudah mencapai 75 persen. Diperkirakan, tol ini sudah dapat digunakan diakhir tahun 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Aryadi. Adapun proyek tol Pekanbaru-Bangkinang memiliki panjang 40 kilometer.

"Untuk progres konstruksi sudah mencapai 75 persen, dan saat ini masih terus dikerjakan untuk mencapai target akhir tahun ini bisa beroperasi," ujar Aryadi dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (8/10/2021).

Aryadi mengatakan, pembebasan lahan juga hampir rampung. Namun, masih ada sekitar satu kilometer lahan di dekat gerbang tol yang belum dibebaskan.

"Pembebasan lahan tol tinggal sekitar satu kilometer lagi di dekat pintu tol Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang. Lahan tersebut masih masuk dalam kawasan hutan," sebut Aryadi.

Untuk penyelesaian lahan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Setelahnya, Kementerian PUPR yang akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pembebasan kawasan tersebut.

"Jadi, sekarang tinggal pihak Kementerian PUPR dan KLHK yang berkoordinasi untuk pembebasan lahan tersebut," pungkasnya. ***