TELUKKUANTAN, GORIAU.COM – Sebanyak 57 siswa siswi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat di estate Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir dan estate Cerenti Kecamatan Benai, Kuantan Singingi menerima bantuan beasiswa Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Program beasiswa tersebut merupakan salah satu wujud nyata komitmen perusahaan dalam membantu program pemerintah daerah Kuansing untuk mengentaskan kemiskinan melalui penyediaan akses melanjutkan pendidikan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan secara finansial.


''Beasiswa ini merupakan komitmen dari Founding Father (pendiri perusahaan.red) kami, Pak Sukanto yang dulunya tidak sempat merasakan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Semoga dengan adanya bantuan ini, para siswa semakin semangat dan giat dalam belajar agar tetap berprestasi," ujar Estate Manager RAPP Cerenti, Rudiyanto didampingi CD Manager Sundari Berlian, serta Sejumlah Tim di antaranya Vonne Kandou, Koordinator program pendidikan dan staf, Mahmud Hasyim, Nafrizon, Ismed Inono dan Idris.


Siswa-siswa yang mendapat bantuan ini, dikatakan Rudiyanto, merupakan siswa yang berprestasi namun kurang mampu secara finansial. Dalam proses penyeleksiannya, RAPP tetap melakukan penilaian terhadap hasil belajar termasuk meninjau langsung kondisi rumah para penerima beasiswa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29102015/img2jpg-3269.jpg
RAPP CD Manager, Sundari Berlian, menyerahkan bantuan beasiswa PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada salah satu penerima beasiswa di Gedung SMA Negeri 1 Benai, Rabu (28/10)

''Kita tidak ingin siswa-siswa yang cerdas di Kuansing tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terbentur biaya. Alhamdulillah, untuk saat ini Pemkab Kuansing sudah menggratiskan pendidikan hingga jenjang SMA. Setidaknya, bantuan ini bisa melengkapi sarana dan prasarana siswa tersebut," urai Rudiyanto.


Komitmen RAPP untuk memajukan pendidikan di Kuansing ini disambut baik Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kuantan Hilir, Mardius. Dia menilai program beasiswa RAPP yang diberikan merupakan bukti nyata perusahaan yang peduli terhadap masyarakat Kuantan Hilir.


''Kami menyambut baik program beasiswa RAPP di Kuantan Hilir. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu untuk membiayai biaya pendidikan putra-putrinya yang berprestasi. Kepedulian RAPP menjadi kebanggaan bagi kami karena pendidikan yang menentukan masa depan anak-anak yang berpestasi,” ungkap Mardius.


Salah satu penerima beasiswa, Andriyanto (18), mengatakan program beasiswa yang diberikan RAPP sangat bermanfaat bagi dirinya sebab bisa meringankan beban sang ibu yang menjadi tulang punggung keluarga semenjak sang ayah menghadap Yang Maha Kuasa tiga tahun lalu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29102015/img3jpg-3268.jpg
Koordinator Region RAPP estate Logas, Zamzuli Hidayat menyerahkan bantuan beasiswa PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada salah satu penerima, Kamis (29/10).

''Tapi sudah dua tahun terakhir, ibu tidak bekerja lagi di kebun karena sakit tumor di kepala. Makanya ini semakin memotivasi saya untuk bisa terus membiayai pendidikan saya sendiri. Saya merasa sangat terbantu dengan beasiswa RAPP ini,” ucap siswa kelas 2 SMAN 1 Pangean itu.


Dia berharap program beasiswa yang dilakukan RAPP bisa terus dijalankan agar setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. “RAPP jangan berhenti memberikan dan terus membantu para siswa yang tidak mampu untuk meneruskan pendidikannya,” ujar anak ke-3 dari tiga bersaudara yang bercita-cita menjadi pengusaha kuliner itu.


Penyerahan beasiswa RAPP ini dilakukan di Gedung SMA Negeri 1 Benai dan Aula Kantor Camat Kuantan Hilir pada 28-29 Oktober 2015. Sebanyak 29 berasal dari estate Cerenti dan 28 lainnya berasal dari estate Baserah. Selain di estate Cerenti dan Baserah, penyerahan program beasiswa CD RAPP juga dilakukan di estate logas kepada 11 orang siswa-siswi SMA dan sederajat. Total penerima beasiswa lanjutan RAPP mencapai 241 siswa yang tersebar di 5 wilayah Kabupaten, meliputi Kabupaten Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, dan Kampar. ***