SINGINGI HILIR – Tim Pengabdian Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Riau (Unri) menggelar workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru SMA di Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, pada 28 - 31 Agustus 2022.

Workshop yang diikuti 40 guru SMA semua mata pelajaran tersebut digelar di aula SMAN 2 Singingi Hilir.

Dosen Pascasarjana Unri Prof Dr Isjoni, MSi, mengatakan, workshop PTK ini sangat diperlukan karena banyaknya guru yang kurang paham tentang cara penulisan PTK yang benar.

''Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktik,'' ujar Isjoni, saat memberikan materi pada workshop tersebut, Selasa (30/8/2022).

Isjoni berharap workshop ini bisa memotivasi para guru menyusun PTK yang diperlukan sebagai bahan kenaikan pangkat.

Selain Isjoni, turut memberikan materi Asyrul Fikri, MPd dan M Yogi Riyantama, SE, MM.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut meliputi:

- Pengertian, manfaat, ciri-ciri, dan langkah-langkah penyusunan PTK

- Judul penelitian, pendahuluan, perumusan dan penyelesaian masalah

- Tujuan, manfaat penelitian, dan kajian pustaka

- Rencana dan prosedur penelitian

- Jadwal penelitian, sistematika penyusunan PTK.

Workhshop dilaksanakan melalui dua sistim, yakni tatap muka dan praktik terbimbing melalui google meet.

Salah satu peserta, Atik Tri Winarti, menyampaikan, kegiatan ini sangat diperlukan oleh guru, karena sebagian besar guru belum mendapatkan materi atau sosialisasi tentang penulisan PTK.

Padahal, lanjut Atik, selain bisa menjadi bahan untuk kenaikan pangkat guru, PTK juga digunakan sebagai bahan masukan untuk peningkatan proses pembelajaran guru.

''Karena dengan melakukan PTK secara langsung, dapat mengukur dan mengevaluasi kompetensi guru, sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dilakukannya,'' ucap Atik.rls***