SIAK - Kesadaran masyarakat untuk mau melakukan vaksinasi Covid-19 memang patut diapresiasi, khususnya kepada masyarakat yang disabilitas. Inilah yang membuat para personil Polri di Polsek Tualang bergerak cepat membantu warga disabilitas yang datang ke lokasi vaksinasi.

Seperti yang dilakukan Bripka Arya dan Brigadir M Eko saat melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi Selasa (14/12/2021) di Puskesmas Tualang. Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Polres Siak ini langsung menghampiri warga disabilitas yang datang ke lokasi vaksin.

Mereka memapah warga tersebut dan mempersilahkan duduk di kursi roda agar dapat diantar langsung ke petugas medis untuk disuntik vaksin. Dengan segala kekurangan fisiknya dari orang kebanyakan, tentunya ini membuat para penyandang disabilitas menjadi terharu.

Warga penyandang disabilitas ini juga merasa diperlakukan sangat istimewa dari orang kebanyakan. Dimana tidak perlu menunggu antrian panjang hingga berjam-jam dan mendapatkan pelayanan yang sangat baik.

Apa yang dilakukan personil Polri ini untuk mendahulukan para penyandang Disabilitas serta Lansia dan ibu hamil juga tidak menuai protes dari warga lainnya. Saling toleransi warga selama kegiatan vaksinasi ini juga sangat tinggi.

"Warga yakin mereka tetap akan mendapatkan vaksin meskipun antrian mereka terpotong oleh para penyandang disabilitas ini. Begitu juga untuk lansia dan ibu hamil, sangat beresiko jika mereka harus lama menunggu antrian, sehingga mendapat prioritas untuk lebih duluan disuntik vaksin," kata Bripka Arya.

Sementara itu, Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan Vaksinasi harus sarapan dahulu.

"Vaksinasi dilaksanakan untuk kesehatan kita bersama dan untuk kekebalan bagi tubuh dan jangan takut jika divaksin. Vaksin aman dan halal," tutup Kapolsek. (Iwa)