SIAK - Tingginya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Siak dalam waktu 2 pekan terakhir membuat semua instansi harus bekerjasama dalam melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan virus Corona ini. Untuk mengantisipasi masuknya pendatang dari luar daerah Siak, Polres Siak siagakan personil di setiap posko perbatasan.

Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto mengatakan seluruh posko PPKM di wilayah kabupaten Siak akan ditempatkan personil Polres Siak yang akan melakukan pengecekan orang masuk ke kabupaten Siak. Sebab menjelang lebaran, dikhawatirkan akan banyak orang dari Kabupaten luar yang masuk ke Siak.

"Ini antisipasi awal kita untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Siak. Kita sangat berkomitmen membantu pemerintah dalam hal ini. Makanya kita akan lakukan pengecekan kepada orang datang," kata Kapolres kepada GoRiau.com, Selasa (20/4/2021) di Kampung Sialang Sakti.

Kapolres Siak juga menjelaskan ada 33 Pos PPKM yang didirikan di beberapa Kampung yang tersebar di beberapa kecamatan se Kabupaten Siak yang mana terdapat klaster penyebaran Covid-19. Keberadaan posko PPKM itu sangat berdampak pada penekanan angka penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, temuan saya Pos PPKM yang berada di Kampung Sialang Sakti sudah sangat melaksanakan instruksi Mendagri yang sudah diturunkan kepada kita semua di jajaran,” ungkap AKBP Gunar Rahadiyanto SIK, MH.

Menurut Kapolres Siak, posko PPKM strukturisasinya sudah sesuai. Fungsi-fungsi dilaksanakan sudah mengacu pada pada pembinaan, pencegahan, perencanaan dan pendukung.

"Tadi kita juga mengunjungi warga yang melaksanakan isolasi mandiri karena menunggu hasil Swab mereka keluar. Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan interaksi, serta terakhir kita menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak untuk tidak melaksanakan mudik pada lebaran tahun ini, bersama kita cegah penyebaran Covid-19."tutup kapolres. ***