PEKANBARU – Sebanyak 48,68 kilogram sabu dan 525,84 gram ganja hasil tangkapan Ditnarkoba Polda Riau dimusnahkan.

Pemusnahan barang haram itu dilaksanakan pada Kamis (19/5/2022) di halaman Mapolda Riau. Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan 7 kasus narkotika, dan turut diamankan 14 orang tersangka.

Pemusnahan narkotika jenis sabu dilakukan dengan cara, dilarutkan ke dalam cairan diterjen, sementara daun ganja kering dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan alat milik BNNP Riau.

Pemusnahan itu dipimpin langsung oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, diikuti Diresnarkoba Kombes Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Kabid Humas Kombes Sunarto dan dihadiri Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, Kepala BNNP, serta perwakilan dari pihak Kejati Riau dan lainnya.

"Sebanyak 48,68 kg sabu dan 525,84 gram ganja itu disita dari tangan 14 orang tersangka," ujar Brigjen Pol Tabana Bangun.

Ke-14 tersangka yang ditangkap terdiri atas 12 orang pria dan 2 wanita. Peran para tersangka dalam jaringan mafia narkoba ini adalah sebagai bandar dan pengedar serta kurir.

“Atas perbuatan itu, para tersangka dijerat dengan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” tutup Tabana Bangun. ***