PEKANBARU - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pasar Agus Salim, akan segera direlokasi ke Pasar Inpres dan Pasar Rakyat. Relokasi ini dilakukan dalam rangka menciptakan 'Malioboro' ala Pekanbaru di Jalan Agus Salim tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, timnya sudah membentuk posko di Pasar Inpres dan Pasar Rakyat tersebut. PKL diminta segera mendaftarkan diri, agar dapat segera ditempatkan di los yang tersedia.

"Kita kan sudah ada posko disana. Kepada PKL di Pasar Agus Salim, silahkan berkoordinasi disana agar disediakan tempat," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, kapasitas di Pasar Inpres dan Pasar Rakyat masih tersedia untuk 201 pedagang. Jumlah ini mencukupi untuk 353 pedagang yang ada di Agus Salim.

"Data kita ada 353 pedagang di Pasar Agus Salim. Tapi ada juga yang bukan hanya pedagang di pasar pagi, ada yang (sudah, red) lokasi di Sukaramai, jadi akan kita tempatkan kembali kesana (STC, red)," terangnya.

Sebelumnya disampaikan, Pemko akan membagi tiga zona waktu penggunaan ruas jalan di Jalan Agus Salim. Diantaranya, pagi hingga sore untuk menunjang aktivitas pedestrian atau pengguna jalan raya. Sedangkan sore hingga malam untuk kuliner serta industri kreatif.

"Tengah malam hingga pagi para pedagang pasar tradisional berjualan di sana," pungkasnya. ***