strong> PEKANBARU - Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hendry Munief mengatakan, bahwa pihaknya telah menentukan kriteria bakal calon kepala daerah yang akan diusung PKS dalam menghadapi pilkada 2020.

"Dia harus punya basis sosial. Kekuatan dan figurnya di masyarakat seperti apa, kalau dia pernah ikuti pileh berapa suaranya. Disitulah surveinya kelihatan," kata Hendry Munief, Minggu (3/11/2019).

Selain basis sosial, bakal calon kepala daerah yang diusung PKS adalah sosok yang memiliki basis politik, dan basis operasional.

"Jadi kita lihat kombinasi partai apa yang dibawa calon itu. Kesiapannya juga kita lihat, siap tidak dia menjadikan kader PKS sebagai pasangan calonnya, baik sebagai bupati atau wakil bupati," tuturnya.

Mantan calon anggota DPR RI ini juga menuturkan, sebelum mendukung bakal calon kepala daerah, pihaknya akan menggelar fit and proper test, tes kesehatan dan interview.

"Jadi nanti kita adakan fit and proper test bagi bakal calon kepala daerah yang mendaftar kemarin. Selanjutnya, akan ada survei sebanyak tiga kali di bulan Desember, Mei dan Agustus 2020 dengan berdasarkan kriteria-kriteria tadi," tutupnya.***