PEKANBARU - Guna mempersiapkan pendidikan bagi guru agar mampu bersaing di era cloud first dan mobile first, Pengurus Daerah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau bersama Microsoft menjalin kerjasama.

Kerjasama yang dilakukan dalam bentuk pemberian pelatihan Office 365 Education kepada 60 anggota PGRI dari perwakilan kabupaten dan kota se Riau di Gedung Guru Jalan Sudirman, Senin (9/5/2016).

Pemberian Office 365 Education kepada PGRI mencakup seluruh layanan Office 365, seperti e-mail, pengolah kata (word processing), pengolah data (data processing), konferensi video dan lain sebagainya.

Microsoft menyediakan pelatihan dan konsultasi teknis kepada PGRI Riau agar dapat meningkatkan kapasitas para guru menguasai teknologi informasi dan komunikasi, khususnya untuk pemanfaatan dalam dunia pembelajaran.

Ketua PGRI Riau, Dr Syahril SPd MM mengatakan, guru sebagai pendidik, sejatinya pembelajar sepanjang hayat. Untuk itu, penting bagi guru memahami dan mengikuti kemajuan teknologi komunikasi, serta informasi sebagai basis pengembangan kapasitas diri, maupun pengembangan peserta didik. 

"Seperti diketahui, teknologi informasi menyajikan kemajuan ilmu pengetahuan dan praksis pembelajaran yang sangat luas. Pastinya guru yang maju akan menjadi inspirasi bagi peserta didik sebagai generasi penerus yang unggul serta kompetitif," ujar Syahril.

Disebutkan, pemberian Office 365 Education sangat membantu PGRI bagi mengasah kecakapan teknologi informasi dan komunikasi para guru. Dimulai dari Riau kegiatan pelatihan ini juga bakal dilaksanakan di seluruh Indonesia.

"Kami juga akan terus mensosialisasikan penggunaan Office 365 Education di pulau-pulau Indonesia lainnya. PGRI berharap kerjasama ini dapat membawa Riau lebih dekat dengan pemerataan akses teknologi informasi," jelasnya.

Sementara itu, Trainner Microsoft, Gres Candra menambahkan, dalam implementasi penggunaan Office 365 Education bisa berguna bagi guru yang ada di Indonesia, khususnya Riau. Microsoft dan PGRI akan bahu membahu untuk menyukseskan program ini.

"Dunia sekarang tidak berbatas karena disambungkan oleh kemajuan teknologi digital. Microsoft percaya pemberian Office 365 Education kepada anggota PGRI dapat mendukung proses belajar mengajar menjadi semakin menarik, menyenangkan, produktif dan efektif," kata Gres.(*/rul)