PEKANBARU - Provinsi Riau masih mempertahankan peringkat ketujuh dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, hingga Senin (11/10/2021). Diperingkat itu, Riau telah mendulang total 46 medali, yakni 14 emas, 17 perak dan 15 perunggu.

Situs games.ponxx2021papua.com menunjukkan, Riau terus membayangi Provinsi Bali yang juga bertahan di peringkat keenam. Bali memperoleh total 53 medali, yakni 16 emas, 13 perak dan 24 perunggu. Sementara itu, Kalimantan Timur berjuang menyusul Riau di peringkat kedelapan, dengan total 64 medali, yakni 11 emas, 24 perak dan 29 perunggu.

Adapun perolehan emas Provinsi Riau, diantaranya 3 emas dipersembahkan oleh Cabang olahraga (Cabor) Dayung di Nomor Kayak Putra 200 meter, Kayak Putra 1000 meter dan Canoe Slalom. Selanjutnya dari Cabor Senam, 3 emas diperoleh dari Nomor Artistik Beregu Putra, Nomor Artistik All Around Putra, dan Senam Palang Tunggal.

3 emas juga dipersembahkan oleh Cabor Anggar dari Nomor Degen Individual Putri, Floret Individual Putra, dan Floret Beregu Putri. Menyusul kemudian, Anggar kembali persembahkan emas di Nomor Degen Tim Putri dan Degen Tim Putra, disusul satu emas dari Angkat Besi di Nomor 87 Kg Putri.

Serta satu emas dari Panahan di Nomor Fita Compound Perorangan Putra dan Renang di Nomor Akuatik Gaya Ganti Perseorangan Putri 400 meter.

Perolehan perak dipersembahkan oleh Cabor Dayung di Nomor Putri 500 meter dan 200 meter untuk 2 perak. Cabor Senam juga mempersembahkan 5 perak di Nomor Putra All Around, Gelang-gelang, Palang Sejajar, Gawang Putra 110 meter dan Lontar Martil Putri.

Kemudian Cabor Muaythai memperoleh satu perak di Nomor Putri Kelas 43 Kg, Cabor Taekwondo peroleh satu perak di Nomor Putri Over 73 Kg, serta Cabor Anggar peroleh 3 perak di Nomor Floret Individual Putri, Degen Individual Putra, dan Sabel Beregu Putra.

Perak juga diperoleh Aerosport di Nomor F1A (Glider Tarik A2) Putri. Sedangkan Cabor Renang menyumbang 2 perak di Nomor Gaya Punggung Putri 200 meter dan Gaya Dada Putri 200 meter. Ditambah satu perak dari Atletik di Nomor Lontar Martil Putra.

Kemudian untuk perolehan perunggu, diantaranya 2 perunggu dipersembahkan Cabor Senam di Nomor Beregu Putri dan Senam Kuda Pelana. Cabor Wushu juga mempersembahkan 2 perunggu di Nomor Putra Sanda 70 Kg dan Putra Sanda 48 Kg.

Selanjutnya, Taekwondo memperoleh 2 perunggu masing-masing di Nomor Over 78 Kg dan Under 53 Kg Putri, Menembak peroleh satu perunggu di Nomor Individual Putra 25 meter, Cabor Layar juga meraih satu perunggu di Nomor Laser 4.7 Putra, satu perunggu oleh Degen Individual Putra dari Cabor Anggar.

Muaythai peroleh satu perunggu di Nomor 48 Kg Putra dan Renang sumbang satu perunggu di Nomor Gaya Ganti Perseorangan Putri 400 meter. Kemudian, satu perunggu juga akhirnya diperoleh Sepatu Roda dan Sepak Takraw turut menyumbang satu perunggu di Nomor Quadrant Putra. ***