PEKANBARU – Guna meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat, Pertamina Gas Operation Rokan Area (Pertagas ORA) yang merupakan afiliasi Subholding Gas Pertamina mengadakan program budidaya ikan Gurami di Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Jum'at (30/12/22).

Acara launching program budidaya ikan Gurami dihadiri oleh Walikota Dumai, Anggota DPRD Kota Dumai dari Komisi 3, Manager Pertagas ORA, Kepala Perwakilan IZI Riau, Sekretaris Camat Dumai Selatan Lurah Bukit Timah, Babinsa dan Bhabinkamtibnas Bukit Timah, Sekretaris Camat Dumai Selatan dan Kelompok Tani Fajar Barokah sebagai penerima manfaat budidaya ikan Gurami.

Dalam sambutannya H. Paisal SKM, MARS selaku Walikota Dumai mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas kepedulian Pertagas ORA kepada masyarakat sekitar dalam pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Ini sesuatu yang menarik dan sesuai aturan Presiden, setiap perusahaan harus ada kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Kami yakin dengan perusahaan yang peduli dengan lingkungan sekitar, perhatian kepada kelompok-kelompok yang ada didumai khususnya di kelurahan bukit timah akan membuat masyarakat sejahtera dan lebih baik lagi keadaannya serta mendorong ketahanan pangan di Kota Dumai". Kata Paisal

Pertagas ORA memberikan bantuan 6.400 benih ikan gurami yang akan dibudidayakan oleh kelompok tani Fajar Barokah dengan anggota sebanyak 18 orang

Ganjar Ali Setiawan selaku Manager Pertagas ORA menyampaikan "Pertagas ORA merupakan perusahan yang bergerak dalam transportasi minyak Rokan yang melewati 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan berkomitmen berikan pendampingan untuk pemberdayaan masyarakat salah satunya budidaya gurami di Desa ini".

Ganjar juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama yang dilakukan terutama kepada Inisiatif Zakat Indonesia selaku pelaksana program di lapangan.

M. Iqbal Farizi selaku Kepala Perwakilan IZI Riau mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan dari Pertagas ORA untuk pelaksanaan program ini dan berharap semoga kelompok budidaya ikan Gurami ini akan berkembang kedepannya.

"Alhamdulillah program ini sudah kami persiapkan 2 bulan belakangan ini bersama Pertagas ORA. IZI sebagai penyelenggara kegiatan yang diamanahi oleh Pertagas ORA sebagai pelaksana lapangan berharap agar program ini lebih baik kedepannya. Kami menargetkan kelompok tani ini bisa lebih berkembang dari pada sebelumnya dan lebih sukses lagi kedepanya. Targetnya kualitas dari masyarakat terkhususnya kelompok taninya bisa menjadi gambaran untuk kelompok-kelompok lainnya, mohon bimbingannya pak Wali dan rekan rekan lainnya. Dan terima kasih kepada Pertamina karena sudah mempercayai kami sebagai pelaksana program ini”, tutup Iqbal.

Acara ini ditutup dengan penyerahan simbolis budidaya ikan gurami, pemotongan pita dan pelepasan ikan ke dalam kolam oleh Walikota Dumai didampingi Pertagas ORA, Perwakilan IZI Riau dan kelompok tani Fajar Barokah. ***