BAGANSIAPIAPI - Peringatan Hari Pahlawan 10 November, seluruh unsur Muspida Kabupaten Rokan Hilir beserta jajarannya melaksanakan upacara bendera di halaman kantor Bupati dan sekaligus ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Bagansiapiapi, Kamis (10/11/2016).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs Jamiluddin berharap peringatan hari pahlawan dijadikan momentum dan nilai-nilai kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang rela berkorban mengabdikan diri demi bangsa dan negara.

"Peringatan hari pahlawan selalu menjadi penting karena digunakan sebagai barometer melihat sejauh mana kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara, hal ini demi mewujudkan keutuhan NKRI,'' kata Wabup.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29112016/1jpg-5275.jpg

Dia menegaskan, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, dibutuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29112016/2jpg-5274.jpg

Usai melakukan ziarah ditaman makam pahlawan, Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasruddin Hasan mengungkapkan, memperingati hari pahlawan tidak cukup hanya sebatas seremonial belaka. Dia mengharapkan agar seluruh masyarakat harus peduli dengan lingkungan dan juga mandiri dalam ekonomi.

''Tantangan yang kita hadapi saat ini memang berat. Akan tetapi, kita tidak boleh putus pengharapan. Para pahlawan mengajar kita bagaimana arti perjuangan,'' ujarnya. ***