BANGKINANG - Masyarakat Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, berbondong-bondong pergi berziarah kubur dan berkumpul dengan sanak saudaranya pada Aghi Yayo Onam (Hari Raya Enam, red). Usai berziarah, masyarakat akan berkumpul dan melanjutkan tradisi makan bajambou (berhidang, red).

"Tradisi seperti ini perlu dijaga, dapat mempererat tali silaturrahmi. Masyarakat berkumpul disatu masjid untuk merayakan lebaran puasa enam. Sanak famili bahkan yang jauh di perantauan pulang berkumpul di kampung," ungkap Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman kepada GoRiau.com, Rabu (13/7/2016) di Masjid Al-Falah, Desa Teluk Pulau, Kecamatan Bangkinang Seberang, Kampar.

Ikut berpartisipasi dalam tradisi budaya ini, Andi Rachman pun tampak menikmati beragam hidangan yang disajikan dalam makan bajambou. Wajar saja, beragam menu masakan dihidangkan, mulai menu masakan dari sayur-mayur, ikan, daging sapi, kerbau, ayam, telur dan pical (pecal, red).

"Makan bersama-sama dengan seluruh masyarakat dan sanak saudara seperti ini kan bisa jadi ciri khas yang bagus. Enak, saya sampai nambah (makan, red) dua kali," tutupnya. ***