TELUKKUANTAN - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga kawasan hutan di Kuantan Singingi (Kuansin).

Terbukti, dalam setiap kegiatan pelestarian lingkungan dan kawasan yang dilakukan pemerintah, RAPP selalu berpartisipasi.

"Ini merupakan bukti komitmen RAPP dalam menjaga kawasan hutan dan lingkungan di areal operasionalnya," ujar SHR Manager RAPP untuk Kampar - Kuansing, Edy Yusuf kepada GoRiau.com, Senin (28/3/2016).

Menurutnya, turut serta dalam Hari Bakti Rimbawan merupakan agenda tahunan RAPP. Bahkan, untuk memastikan bibit tertanam semua, PT RAPP menurunkan ratusan personil rimbawan.

"Dalam membantu pemerintah menjaga hutan Kuansing, kami hadir dengan personil safety yang siaga 24 jam," tegas Edy Yusuf.

Penanaman hari ini, lanjut dia, merupakan aksi nyata dalam menghijaukan bumi. Melalui Dinas Kehutanan, RAPP akan senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Tidak hanya ini, kita terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat," ujar Edy didampingi Eka Haris.

Yang terpenting dari kerjasama ini, kata dia, harus diikuti peran serta masyarakat dalam menjaga hutan dengan cara tidak membakar lahan. Sebab, kebakaran lahan dan hutan menimbulkan dampak yang sangat luar biasa bagi manusia.

"Kita tidak ingin peristiwa seperti tahun lalu terulang lagi. Itu sangat dahsyat sekali. Makanya, kita mengajak seluruh masyarakat agar menghindari pemkabaran lahan," kata dia.

"Untuk pembinaan masyarakat, RAPP berupaya melakukan pelatihan dan pembekalan terhadap masyarakat. Selain itu, adanya pembentukan KPL di Kuansing," tambah Edy Yusuf.

Tujuan pendirian KPL, lanjut dia, agar menumbuhkan semangat menjaga lingkungan terhadap generasi muda. Mereka diharapkan mampu menjadi pelopor dalam menjaga dan melestarikan alam.***