PEKANBARU – Tumor payudara ganas harus segera diobati secara tepat sejak awal. Bila tidak, maka akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, dan menyerang organ lain.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir National Library of Medicine, faktor nutrisi yang tidak sehat, bisa meningkatkan risiko tumor payudara. Berikut ini jenis-jenis makanan penyebab tumor payudara ganas:

1. Daging yang dibakar

Dilansir dari Eatthis, mengonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu sangat tinggi seperti dibakar, terutama daging dan ikan, bisa meningkatkan risiko tumor payudara ganas.

Ketika dimasak dengan suhu sangat tinggi dalam jangka waktu lama, protein dalam daging bisa berubah menjadi senyawa karsinogenik hetero-ciklik amina (HCA).

Dikutip dari National Library of Medicine, senyawa karsinogenik bisa memicu mutasi DNA di kelenjar susu atau jaringan payudara. Akibatnya sel-sel di payudara tumbuh secara tidak normal.

2. Lemak jenuh

Riset meta-analisis pada 2015 yang meneliti 52 studi yang terbit di jurnal Medicine menunjukkan, wanita yang sudah menopause dan sering mengonsumsi asupan tinggi lemak jenis berisiko terkena tumor payudara.

Menurut penelitian, risiko ini memang cenderung tinggi untuk wanita yang sudah menopause.

Tapi, ada baiknya Anda mengurangi makanan tinggi lemak jenus seperti daging berlemak, gorengan, keju, susu full cream, aneka kue, dan hidangan penutup.

Studi menunjukkan, lemak jenuh dan tidak sehat bisa meningkatkan kadar estrogen. Apabila kadarnya meningkat, hormon ini bisa merangsang pertumbuhan sel abnormal di payudara.

3. Makanan kalengan

Lapisan kaleng yang digunakan sejumlah makanan kalengan memiliki kandungan bisphenol-A (BPA). Zat ini termasuk estrogen sintetis yang bisa membuat hormon tidak stabil.

Menurut penelitian laboratorium pada 2012, BPA juga bisa memantik pertumbuhan sel tumor payudara ganas. Selain itu, BPA juga bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

4. Alkohol

Meskipun bukan termasuk makanan, tapi ada baiknya Anda juga mempertimbangkan untuk tidak mengonsumsi alkohol berlebihan karena bisa jadi faktor penyebab tumor payudara ganas.

Studi di International Journal of Cancer pada 2015 meneliti 300.000 wanita yang terkena tumor payudara ganas. Dari hasil penelitian itu, risiko wanita terkena penyakit ini naik empat persen setiap kelebihan minuman keras.

Penelitian juga menemukan, semakin lama wanita minum minuman keras di sepanjang hidupnya, risiko terkena penyakit ini juga semakin tinggi. Terutama jika kebiasaan tidak sehat ini dimulai sebelum melahirkan.

Paparan alkohol berlebihan bisa memicu mutasi DNA, meningkatkan hormon estrogen, dan menghambat penyerapan folat yang penting untuk perbaikan DNA. Kombinasi faktor ini bisa jadi penyebab tumor payudara.***