PEKANBARU - Dalam Pemilihan Umum (Pemilu), setelah melakukan pemungutan suara akan dilanjutkan dengan penghitungan suara, dimana kemenangan salah satu calon, khususnya presiden dan wakil presiden akan ditentukan. Namun, apapun hasilnya, Walikota Pekanbaru, Firdaus menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

"Bagi seluruh warga yang telah menggunakan hak pilihnya, khususnya presiden dan wakil presiden, harap untuk tetap bersikap sportif. Yang jagoannya menang, jangan bergembira hingga melebih batas, sedangkan yang jagoannya kalah harap bersabar," ujar Firdaus, Rabu, (17/4/2019).

Firdaus menyatakan bahwa siapapun pemenangnya, merupakan sosok yang telah diberkahi dan diamanahkan oleh Allah SWT untuk memimpin Republik Indonesia.

"Siapapun pemenangnya, tentu adalah mereka yang telah diamanahkan oleh Allah SWT," singkatnya.

Ads
Firdaus menjelaskan, antusias masyarakat dalam Pemilu 2019 sudah sangat tinggi. Namun, penyelenggaraan Pemilu di Pekanbaru sedikit mengalami permasalahan karena kekurangan ribuan surat suara yang tersebar nyaris merata di masing - masing TPS yang ada di Pekanbaru./p>Menurut Firdaus, surat suara yang kurang tersebut adalah surat untuk Pilpres. Ribuan surat suara yang kurang ini, merata hampir di semua TPS yang ada.

"Ribuan surat suara ini justru yang untuk Pilpres, dan rata - rata TPS kekurangan. Dan kekurangan itu rata - rata di masing - masing TPS bisa mencapai 50 persen," ungkapnya.

Meskipun begitu, Firdaus mengklaim tidak ingin berprasangka buruk terkait meratanya kekurangan surat suara ini. Meskipun sangat disayangkan.

"Kita menyayangkan, tetapi kita tidak akan berprasangka buruk lebih dulu. Mungkin saja petugasnya sudah capek, salah menentukan data dan sebagainya," terangnya. ***