SOLO - Penghitungan surat suara Pilpres di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainudin Surakarta telah selesai. Siapakah presiden pilihan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pasien RSJD Surakarta?

Pada hasil penghitungan suara di TPS 108 di kompleks RSJD, terlihat pasangan calon (paslon) 01 Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 29 suara.

Sedangkan Paslon 02 Prabowo-Sandi juga mendapatkan 29 suara.

"Hasilnya imbang, masing-masing mendapatkan 29 suara," kata Koordinator Humas RSJD Surakarta, Totok Hardiyanto, Rabu (17/4/2019).

Ads
Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di RSJD ialah 81 orang yang menjadi peserta pencoblosan. Dari angka tersebut, 56 orang di antaranya ialah pasien dan sisanya karyawan, dokter dan petugas KPPS.

"Awalnya ada 77 pasien yang sudah masuk DPT, namun karena ada perawatan, sebagian pasien pulang," kata Totok.

Dari jumlah tersebut, terdapat 61 orang yang menggunakan hak pilihnya. Rinciannya, 58 suara sah dan tiga suara tidak sah.

Mengenai pelaksanaan pencoblosan, Totok menyatakan tidak menemukan kendala yang berarti. Dia juga memastikan tidak melakukan intervensi kepada para pasien.

"Tadi semua pasien tidak diantar, mereka memiliki kemerdekaan hak untuk memilih. Dari perkiraan 10-15 menit, mereka di bilik suara hanya tujuh menit," pungkasnya.***