PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, generasi millenial saat ini harus cerdas dalam menggunakan media sosial, termasuk dalam menyaring berita-berita hoax yang banyak beredar.

Demikian disampaikan Edy Natar dalam acara pengenalan jurnalistik untuk generasi millenial di SMA Negeri 1 Pekanbaru, Jalan Sultan Syarif Kasim, Selasa (16/7/2019).

Dijelaskan Edy, pengenalan jurnalistik yang ditaja oleh Forum Wartawan Legislatif (FWL) DPRD Riau ini sangat perlu dilakukan, sehingga generasi millenial bisa lebih memahami seperti apa kegiatan jurnalistik yang sebenarnya.

"Mudah-mudahan kegiatan dari FWL ini akan melahirkan generasi yang anti hoax. Jadi mereka tidak mudah percaya begitu saja akan informasi yang beredar. Harus cerdas," kata Wagub periode 2019-2024 tersebut.

Ads
Dirinya juga berharap, siswa yang hadir dalam acara pengenalan jurnalistik bisa memberi penjelasan pada teman-temannya mengenai pentingnya menyaring informasi dari media sosial. Sebab, tidak semua siswa SMAN 1 Pekanbaru yang mendapatkan kesempatan untuk ikut serta.

"Yang hadir hanya 40 orang, meskipun begitu kita berharap agar siswa yang hadir ini untuk menceritakan kepada temannya mengenai jurnalistik ini," sebutnya.

Selain Wagub Edy Natar, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Astri Auzar. Dalam kata sambutannya, legislator asal Rokan Hilir (Rohil) ini menyampaikan respon positifnya.

"Kegiatan jurnalistik itu bukan berupa gibah dan fitnah. Jadi sebelum kita membaca dan menyebarkan informasi di media, harus diperiksa dulu kebenarannya. Inilah yang perlu diketahui oleh generasi millenial saat ini, salah satu caranya ialah dengan pengenalan positif," ungkap Asri. ***