JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid mengungkapkan, pentingnya memformulasi kembali kebijakan-kebijakan pedesaan jelang masa pemerintahan Jokowi jilid II.

Apa yang sudah berlangsung di era pertama kepemimpinan eks. Walikota Solo itu-dimana pembangunan Indonesia dimulai dari pinggiran, dipandang Jazilul sudah tepat.

"Sudah on the track, tapi bagaimana evaluasinya nanti (mesti dilihat kembali, red)" kata Jazilul saat menjadi pembicara inti dalam pembukaan FGD (Forum Group Discussion) Reformulasi Kebijakan Pedesaan, Pertanian, Agraria, Kehutanan, Kelautan dan Lingkungan di gedung Nusantara I, DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Ads
Termasuk yang perlu diperhatikan, kata Jazilul, adalah kesiapan sumber daya manusia. Ia menegaskan, "apa yang dilakukan Pak Jokowi untuk membangung indonesia dari pinggiran sudah benar. Tapi saya khawatir SDM-nya,".

PKB, kata Jazilul, sebagai partai dengan basis pemilih di pedesaan, memiliki perhatian khusus atas pembangunan desa. Pihaknya pun, mewacanakan untuk membawa materi-materi reformulasi kebijakan desa ini ke tingkat pembahasan yang lebih serius di internal partai.

Menyemangati para peserta FGD, Jazilul memastikan bahwa forum diskusi seperti ini dilindungi oleh Undang-Undang. "Lahirnya Mendes PDTT juga diawali oleh diskusi seperti ini,".

Turut hadir dalam pembukaan FGD tersebut, Riza Damanik sebagai perwakilan dari Istana dan Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal .

Usai pembukaan resmi hari ini, rangkaian FGD akan dimulai pada Kamis (18/07/2019) mendatang.***