BENGKALIS-Rencana penerapan tiket elektronik atau e-tiketing di pelabuhan RoRo Air Putih Bengkalis-Sungai Selari Bukit Batu masih menunggu pembentukan badan usaha pelabuhan (BUP) dari BUMD Bumi Laksamana Jaya (BLJ) Bengkalis.

"Sebagai syarat penerapan e-tiketing, pelabuhan memang harus dikelola BUP, saat ini BUMD BLJ Bengkalis sudah memproses pembentukan BUP ini," terang Plt Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Djamaluddin, Kamis (13/1/2021).

Untuk pengurusan sudah dilakukan BLJ, saat ini dalam proses verifikasi berkas. "Kita menunggu BUP terbentuk, baru langkah selanjutnya untuk penerapan e-tiketing," terang Djamaluddin.

Jika BUP sudah terbentuk, mereka harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan stakeholder terkait diantaranya Dinas Perhubungan, KSOP dan lainnya. Kemudian baru dilakukan pencarian vendor atau pihak ketiga yang bisa mengelola e-tiketing ini.

"Tentu yang akan kita pilih vendor yang bisa menguntungkan daerah," tambahnya.

DPRD Bengkalis menyambut rencana pengelolaan pelabuhan RoRo Bengkalis-Bukit Batu oleh BUP. Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam mendukung rencana pemerintah daerah untuk mengalihkan pengelolaan pelabuhan oleh BUP dengan catatan pelayanan pelabuhan RoRo Bengkalis bisa lebih baik lagi kedepananya.

"Kalau dewan tentu mendukung kalau ini untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat," terang Khairul Umam.

Bagi DPRD yang terpenting BUP atau BUMD Bengkalis yang ada ini harus berjalan dengan sehat. BUMD yang sehat tentu akan didukung termasuk jika harus dilakukan penyertaan modal.

"Namun kita akan lebih teliti lagi untuk penyertaan modal kepada BUMD ini, kalau memang sehat kita mau. Jangan sampai penyertaan modal bisa membuat DPRD terseret seret masalah hukum karena BUMD yang ada berjalan tidak sehat," tambahnya.***